Hamilton tercepat sesi latihan Abu Dhabi

id f1, luis hamilton, balap mobil, abu dhabi

Hamilton tercepat sesi latihan Abu Dhabi

Grand Prix Formula 1 (Antarasumsel.com/Reuters)

Abu Dhabi (ANTARA Sumsel/Reuters) - Juara dunia empat kali Lewis Hamilton mempertahankan posisi Mercedes tetap berada di atas pada latihan Jumat terakhir pada musim Formula 1, di mana pebalap Ferrari Sebastian Vettel menempel ketat dirinya.   
   
Hamilton, yang mengincar kemenangan kesepuluh tahun ini setelah memastikan menjadi juara di Meksiko bilan lalu, mencatatkan waktu tercepat yakni satu menit 37,877 detik di Sirkuit Yas Marina yang bermandikan lampu sorot pada sesi malam hari.

Vettel, yang mencatatkan waktu tercepat pada sore hari dengan catatan 1:39,006 dan terlihat cepat pada jalur panjang, mengakhiri hari dengan lebih lambat 0,149 detik.

"Ini ketat, dan menurut saya besok juga akan ketat," kata Vettel.

Pebalap Jerman ini bertekad untuk menjadi pebalap non Mercedes pertama dalam empat tahun terakhir yang finis di dua besar di klasemen, unggul 22 poin atas Valtteri Bottas menjelang putaran terakhir. Baik Hamilton dan Vettel, juara dunia empat kali bersama Red Bull, merupakan pemenang tiga kali di Abu Dhabi meski Ferrari belum pernah berjaya di sirkuit ini.

Red Bull berada di posisi ketiga pada kedua sesi, di mana pebalap Belanda 20 tahun Max Verstappen menduduki posisi itu pada sesi pertama dan pebalap Australia Daniel Ricciardo pada sesi kedua.

Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen dan pebalap Mercedes Valtteri Bottas berada di posisi keempat dan kelima.

Pebalap veteran asal Brazil Felipe Massa, yang akan melakukan balapan Formula 1 terakhirnya dengan Williams, menduduki posisi ke-11.

Pertarungan ketat untuk posisi keenam di kejuaraan konstruktor antara Toro Rosso, Renault, dan Haas -- dengan hanya enam poin yang memasihakan ketiga tim -- menjadi fokus lain untuk akhir pekan.

Nico Hulkenberg dan Carlos Sainz menduduki posisi kesembilan dan ke-13 untuk Renault, sedangkan pebalap Toro Rosso Pierre Gasly berada di posisi ke-15, dan dua pebalap Haas Kevin Magnussen dan Romain Grosjean menduduki posisi ke-16 dan 20.

Pebalap muda asal Britania George Russell, yang hanya ambil bagian pada latihan pertama, merupakan yang tercepat di tim Force India dan kurang dari sedetik dari rekan setimnya asal Meksiko Sergio Perez.

Russel juga ambil bagian pada latihan pertama di Brazil, dan kelihatannya akan mengisi peran cadangan untuk masa yang akan datang.

Dengan kedua kejuaraan telah didapatkan juaranya, Mercedes telah meraih gelar konstruktor keempat mereka secara beruntun di Texas bulan lalu, sebagian besar tim menggunakan sesi pembukaan untuk tes awal untuk 2018.

Sebagian tim juga mencoba peralatan pelindung kepala "halo" yang akan diperkenalkan tahun depan.

Penerjemah: A.R.A Adipati/I. Suhirwandi