Wika raih penghargaan tertinggi BUMN "Industry Leader" 2017

id wika, wijaya karya, bumn, infrastruktur, penghargaan

Wika raih penghargaan tertinggi BUMN "Industry Leader" 2017

Lambang PT Wijaya Karya Tbk. (bumntrack.com)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) meraih predikat "Industry Leader 2017", merupakan predikat tertinggi  yang didapatkan BUMN pada penganugerahan BUMN Performance Award Excellence 2017 (BPEA) yang diselenggarakan Forum Ekselen BUMN, pada Senin (6/11).

Dalam siaran pers yang diterima Antara, Selasa, predikat tersebut diraih perseroan bersama 3 BUMN lainnya didasarkan pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU).

Hadir pada penganugerahan tersebut Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo sekaligus menerima penghargaan yang diserahkan oleh Ahmad Bambang selaku Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo  meyakini, predikat yang disematkan merupakan apresiasi atas komitmen  perseroan dalam menjalankan kegiatan bisnis yang sesuai dengan ketentuan yang ada.

ACE atau Agility, Caring dan Excellence menjadi nilai perusahaan  dipercaya akan menjadikan perseroan unggul dalam tata kelola perusahaan, kata Bintang.

"ACE merupakan wujud pengkayaan di dalam perusahaan untuk mendorong perusahaan menjadi lebih baik lagi, guna memperluas kemampuan untuk bertumbuh secara trengginas, proaktif dengan tetap mempertahankan mutu perusahaan," jelas Bintang.

Bintang menambahkan sejak 2005 WIKA telah menerapkan Malcolm  Baldridge Criteria Performance Excellence (MBCPE). Setelah itu, WIKA masuk sebagai salah satu BUMN yang diajak berdiskusi untuk mengadopsi pendekatan tersebut ke dalam KPKU yang kini digunakan oleh seluruh BUMN.

BPEA 2017 sendiri merupakan ajang penghargaan kepada BUMN yang telah bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu.

Berdasarkan assessment yang dilakukan oleh Tim Asesor KPKU, 51 BUMN yang dinilai memiliki Excellence Level Band minimal Good Performance.

33 BUMN lainnya mendapatkan penghargaan dengan predikat Good Performance, 14 BUMN dengan predikat Emerging Industry Leader dan 4 BUMN yaitu WIKA bersama PT Pertamina (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. dengan predikat Industry Leader.