Utusan Kemenag Sumsel juara karya tulis ilmiah penghulu

id juara karya tulis ilmiah penghulu, utusan kemenag sumsel, kanwil kemenag, agus jaya, kua, musabaqah baca kitab

Utusan Kemenag Sumsel juara karya tulis ilmiah penghulu

Utusan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan, Agus Jaya juara pertama dalam karya tulis ilmiah penghulu tingkat nasional. (sumsel.kemenag.go.id)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Utusan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan tampil Agus Jaya juara pertama dalam karya tulis ilmiah penghulu tingkat nasional setelah mengalahkan pesaingnya dari Kalimantan Barat dan Jawa Tengah pada lomba tersebut.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM Al Fajri Zabidi di Palembang, Kamis,  mengapresisasi atas keberhasilan Agus pada lomba karya tulis ilmiah itu.

"Memang penghulu harus peka terhadap lingkungan dengan mengetahui apa yang sedang terjadi di tengah masyarakat ," kata dia, peng memiliki kemampuan dapat melakukan pembinaan secara tepat kepada masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, jadi penghargaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi penghulu dan kapasitasnya dalam bertugas di tengah-tengah masyarakat.

Apalagi Kantor Urusan Agama merupakan ujung tombak Kementerian Agama karena penghulu yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Sehubungan itu dengan adanya kompetisi tersebut maka kegiatan kepenghuluan bisa terpublikasikan sekaligus akan termotivasi dalam berkarya, kata dia.

Sebelumnya Kasubdit Mutu Sarana Prasarana dan Sistem Informasi KUA Kemenag RI, Anwar Sa'adi mengatakan, posisi penghulu di tengah masyarakat sebagai manajer dan mubaligh.

Untuk itu perlu kemampuan sumber daya manusia yang baik sehingga bangsa semakin maju, kata dia.

Sementara Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin Latief mengatakan, selain lomba karya tulis ilimia juga dilaksanakan Musabaqoh Baca Kitab.

Untuk lomba Musabaqoh Baca Kitab utusan Sumsel atas nama Muhammad Said berada urutan tujuh, tambah dia.