Ribuan orang padati Benteng Kuto Besak

id bidar, lomba perahu, pengunjung, ribuan orang, perahu bidar, parade perahu motor

Ribuan orang padati Benteng Kuto Besak

Dokumentasi Lomba perahu bidar di Sungai Musi (ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ribuan orang memadati plaza Benteng Kuto Besak, Palembang, untuk menyaksikan pertandingan lomba adu cepat Perahu Bidar dan parade perahu motor dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu sore.

Berbeda dari biasanya yang digelar pada peringatan HUT RI, kali ini Lomba Perahu Bidar diselenggarakan pada peringatan Sumpah Pemuda.

Belasan perahu motor kapal hias berparade di Sungai Musi melewati rute Benteng Kuto Besak menuju kawasan Kelurahan 7 Ulu dan 32 Ilir.

Tak ketinggalan, belasan jukung dan perahu milik warga juga secara sukarela turut meramaikan suasana. Mereka silih berganti berputar di sungai yang persis berhadapan muka dengan plaza BKB.

Dalam lomba perahu bidar yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Palembang ini, Tim Dayung Pemkab Ogan Ilir yang dikomandoi Jamid berhak mendapatkan tropi Wali Kota Palembang dan uang tunai Rp 16 juta. Juara kedua diraih Tim Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas, disusul Tim Pertamina, dan juara keempat diraih Tim Kerukunan Keluarga Palembang (KKP).

Sedangkan hasil parade perahu motor hias untuk kategori OPD dan swasta, juara pertama diraih PDAM Tirta Musi Palembang, disusul wakil dari Dinas PU-PR Palembang. Kemudian, juara ketiga Bank Sumsel Babel, dan juara keempat diraih Dinas Pendidikan Palembang.

Pemkot Palembang berupaya melestarikan ajang perahu bidar ini, namun seiring dengan perubahan zaman, lomba adu cepat perahu bidar ini hanya diikuti oleh belasan peserta saja atau berbeda dari era tahun 70-80 an yang mencapai puluhan tim.

Lomba adu cepat Perahu Bidar