Gubernur Sumsel tegaskan banyak manfaat LRT

id Alex Noerdin, lrt, kereta api ringan, Adhi Karya Partha, suvenir UKM

Gubernur Sumsel tegaskan banyak manfaat LRT

Dokumentasi- Sejumlah pekerja melakukan pemasangan rel pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api ringan di zona 5 pembangunan LRT Palembang. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17) ()

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menrgaskan keberadaan kereta api ringan atau light tail transif (LRT) di Kota Palembang banyak memberi manfaat, bukan hanya untuk memperlancar arus transportasi.

Dengan adanya jalur kereta api ringan itu, kepadatan arus lalu lintas akan berkurang, kata Gubernur Alex, di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan kereta api ringan juga akan mempercantik Kota Palembang terutama pada malam hari.

Palembang akan menjadi kota terindah dengan adanya kereta api ringan karena jalurnya melalui Sungai Musi dan Jembatan Ampera, ujar dia lagi.

Menurut Ales, Palembang akan menjadi kota yang aman dengan adanya kereta listrik tersebut karena penumpang dapat dipantau.

Pihak ketiga akan melengkapi jalur kereta api ringan supaya Palembang semakin cantik dan nyaman, ujar dia pula.

Direktur Operasional PT Adhi Karya Partha saat pertemuan sebelumnya mengatakan, nantinya di sekitar trace jalur kereta api ringan dan jalan tol akan dibangun transit oriented development (TOD).

Menurut dia, di sepanjang trace tersebut juga akan dibangun tempat menjual suvenir UKM dan restoran makanan khas Sumsel.

"Jadi dampaknya akan memacu pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja tidak hanya di Palembang, tetapi juga pada beberapa kabupaten di sekitar ibu kota Provinsi Sumsel ini," kata dia lagi.

Gubernur Sumsel telah menerima audiensi President Director IMS Ecubes Norwegia Mr Aleksander Gerbec dan Direktur Opersional PT Adhi Karya Pratha.

Audiensi dalam rangka mendukung Asian Games 2018 dan Sumsel sebagai branding LRT Integrated Security System, Green and Smart City.

Topik pertemuan ingin menjadikan Palembang kota yang pertama kali menerapkan Sistem Terpadu Keamanan LRT dan kota yang cantik, aman, dan menjadi tujuan wisata malam melalui penggunaan street light atau lampu jalan yang gemerlap tetapi hemat energi dilengkapi kamera pengintai atau CCTV.