Wiranto: Ada komunikasi belum tuntas antara TNI-BIN

id wiranto, menkopolkam, panglima tni, bin, Gatot Nurmantyo

Menko Polhukam Wiranto (ANTARA Sumsel/Feny Selly)

....Pengadaan seperti ini izinnya bukan dari Mabes TNI tetapi cukup dari Mabes Polri. Dengan demikian prosedur pengadaannya tidak secara spesifik memerlukan kebijakan Presiden Joko Widodo....
Jakarta  (ANTARA Sumsel) - Menteri bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko polhukam) Wiranto, mengungkapkan ada komunikasi yang belum tuntas antara TNI, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

Wiranto menyatakan hal itu menanggapi pernyataan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo adanya institusi di luar TNI dan Polri yang akan membeli 5.000 pucuk senjata standar TNI, saat jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Minggu.

Wiranto menilai pernyataan Panglima TNI itu tidak pada tempatnya dihubungkan dengan eskalasi kondisi keamanan, karena ternyata hanya adanya komunikasi antarinstitusi yang belum tuntas.

"Setelah dikonfirmasikan kepada Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN dan instansi terkait, terdapat pengadaan 500 pucuk senjata laras pendek buatan PT Pindad (bukan 5000 pucuk dan bukan standar TNI) oleh BIN untuk keperluan pendidikan Intelijen," jelasnya.

Pengadaan seperti ini izinnya bukan dari Mabes TNI tetapi cukup dari Mabes Polri. Dengan demikian prosedur pengadaannya tidak secara spesifik memerlukan kebijakan Presiden Joko Widodo.

"Berdasarkan penjelasan ini diharapkan tidak ada lagi polemik dan politisasi atas isu tersebut," kata Wiranto.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar