12 orang jamaah haji dirawat di Palembang

id jamah haji, perawatan, sakit, pulang haji, Poliklinik Asrama Haji, kelelahan, sakit

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 12 orang jamaah haji setiba di Palembang dirawat di Poliklinik Asrama Haji Palembang karena sakit dan kelelahan.

Kepala Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang Saefudin di Palembang, Jumat mengatakan setiba di Palembang jamaah kelompok terbang dua itu ada yang kelelahan dan sakit sehingga terpaksa dirawat terlebih dahulu.

Memang, kata dia, sakit dan kelelahan jamaah tersebut karena mereka menunaikan rukun Islam kelima selama 40 hari ditambah lagi penerbangan dari Arab Saudi ke Palembang cukup lama.

Selain itu, jamaah yang tergabung kelompok terbang dua itu banyak sudah tua dan uzur sehingga rentan akan sakit, ujar dia.

Namun, kata dia, perawatan hanya sementara karena mereka hanya kelelahan sehingga perlu istirahat.

Jamaah kelompok terbang dua itu berasal dari Kota Prabumulih dan Palembang sementara mengenai proses perjalanan kepulangan tidak ada kendala, ujar dia.

Dia mengatakan begitu juga mengenai jumlah pemberangkan dan pemulangan tidak ada pengurangan karena tidak ada yang wafat di Arab Saudi.

Jumlah jamaah berangkat lalu tertatat 444 orang ditambah lima petugas dan pulangnya juga sama, kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel itu.

Jamaah kelompok terbang dua itu diharapkan semuanya menjadi haji mabrur seperti harapan bersama, kata dia.

Pemulangan jamaah Embarkasi Palembang dilaksanakan secara bertahap yang diperkirakan berakhir akhir September, ujar dia.

Kepulangan jamaah haji Sumsel dan Bangka Belitung itu sama seperti pemberangkatan dan mereka harus masuk asrama terlebih dahulu setelah itu baru pulang ke-rumah masing -masing, kata dia.

Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar