Ryan Nirwan Juarai Kejurnas Speed Rally

id reli, kejurnas rally, kejurnas, balap mobil

Ryan Nirwan Juarai Kejurnas Speed Rally

Pereli Ryan Nirwan (kanan) dan navigatornya Adi Indiarto merayakan kemenangan sebagai juara Kejurnas Speed Rally di Ogan Ilir, Sumatera Selatan. (Foto Humas KONI Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pereli asal Kalimantan Timur wakil dari Tim BRM Motorsport, Ryan Nirwan menjuarai seri ke-1 Kejurnas Speed Rally 2017 di lintasan perkebunan tebu Cinta Manis, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu.
     
Ryan yang didampingi navigatornya Adi Indiarto membukukan catatan waktu tercepat dari 24 pereli lainnya dengan 1.20.19,1 pada kelas M.1 (1.300 cc), disusul Priamanaya Djan/Harry Koentoy pada tempat kedua dengan catatan waktu 1.21.00,9. Sedangkan peringkat ketiga ditempati H Rahmat/Dony Wardono dengan catatan waktu 1.25.32,6.
     
Kemenangan ini menyempurnakan keberhasilan Ryan pada Kejurnas Rally kali ini karena kemarin Sabtu (19/8) juga menjuarai seri ke-4 Kejurnas Sprint Rally 2017 di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir.
     
"Ini kemenangan pertama saya di nomor Sprint Rally sejak 2010. Bisa dikatakan saya sudah pecah telur karena ini yang selama ini saya inginkan sudah tercapai," kata putra dari mantan pembalap nasional Roy Nirwan.
     
Sepanjang perlombaan Ryan yang mengendarai Subaru WRX harus memacu kendaraannya karena selalu berada di belakang Benny Lautan mulai dari start hingga Spesial Stage (SS) 2. Namun memasuki SS 3, ia mulai memimpin lintasan dan berlanjut hingga SS 9.
     
Kendala terberat dihadapi Ryan yakni mempertahankan performa ditengah keletihan karena tiap SS rata-rata 13-15 km. Apalagi lintasan semakin licin dan berdebu.
     
"Apalagi SS terakhir, saya rasanya sudah tidak sanggup lagi tapi tetap harus dipaksakan," kata dia.
     
Kejurnas Rally 2017 seri di Ogan Ilir resmi berakhir setelah ajang serupa terakhir digelar di Sumsel pada 2007.
     
Sumsel saat ini sedang membidik menjadi tuan rumah Kejuaraan Reli Asia Pasifik 2018 pada Juni atau sebelum Asian Games XVIII.