Ogan Komering Ilir kebut perbaikan jalan

id perbaikan jalan, musim hujan, oki, Hafidz, jalan, ruas sumatera

Ilustrasi Perbaikan jalan.(Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir mengebut perbaikan jalan yang mengalami kerusakan cukup parah selama musim hujan karena Agustus diperkirakan akan memasuki kemarau.

Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI Hafidz di Palembang, Selasa, mengatakan, alat berat dan sejumlah pekerja diturunkan untuk memperbaiki ruas jalan Kayuagung-Sepucuk-Pedamaran Timur, Kayuagung-Sirah Pulau Padang-Pampangan hingga Tulung Selapan.

"Cuaca panas dan menurunnya curah hujan beberapa pekan terakhir membantu percepatan pengerjaan proyek jalan ini," kata Hafidz.

Hafidz mengatakan perbaikan infrastruktur jalan ini menjadi perhatian utama pemkab karena sejak beberapa bulan terakhir menerima keluhan masyarakat mengenai kerusakan jalan.

"Kami tidak bisa bekerja bila terkendala cuaca, karena bila dasar jalan basah dan langsung ditumpuk dengan material maka akan sia-sia apalagi aspal. Aspal itu minyak sedangkan minyak dan air tidak bisa menyatu," kata dia.

Hafidz menjelaskan, proyek perbaikan jalan yang kini tengah dilakukan timnya tersebut diantaranya ruas Kayuagung-Sepucuk-Pedamaran Timur.

Sejak sepekan, dilakukan pengerasan melalui cor beton di empat titik kerusakan sampai dengan Km 24. Pada tahun ini akan dituntaskan jalan sepanjang 36,178 km atau mencapai 93 persen dari total panjang ruas jalan Kayuagung-Pedamaran Timur sejauh 38,7 km.

Sementara sisanya, menurut Hafidz, akan ditanggulangi melalui Bantuan Dana Bencana Alam dan pemiliharaan rutin.

"Menyisakan sekitar 2,5 km yang belum diperbaiki. Akan ditanggulangi melalui dana bantuan bencana 1 km dan 1,5 km lagi melalui pemeliharaan periodik. Kami optimitis tahun ini selesai," kata dia.

Selain Kayuagung-Sepucuk ruas prioritas pembangunan jalan di tahun 2017, menurut Hafiz, antara lain ruas jalan Dabuk Rejo-Catur Tunggal-Cahya Mas sepanjang 36 km.

Kemudian jalan poros SP Padang-Pampangan 21.000 km, Pam pangan-Lebung Batang 15,790 km, jalan Lebung Batang- Tulung Selapan 33 km. Pampangan-Lebung Batang 2,6 km, Lebung Batang-Selapan 9,4 km.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar