Waktu berpuasa di seluruh dunia

id puasa, ramadhan, musim dingin, ibadah puasa, matahari terbenam, muslim

Waktu berpuasa di seluruh dunia

Ilustrasi Fajar Pertama Ramadhan Sejumlah remaja menikmati pagi pertama bulan Ramadhan di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Jakarta (ANTARA/Al Jareera) - Selama bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, satu bulan penuh--mulai dari sebelum matahari terbit dan berbuka saat matahari terbenam. 

Selama beberapa tahun terakhir, Ramadhan telah bergerak ke bulan-bulan musim panas di belahan bumi utara, menjadikan beberapa negara di sana diterpa panas terik lebih panjang. 

Sementara di belahan bumi bagian selatan, Ramadhan jatuh pada hari-hari di musim dingin. Lantas berapa jam umat Islam di berbagai penjuru dunia menjalankan puasa? 

Kaum muslim yang tinggal di negara-negara di kawasan benua Asia, berpuasa sekitar 14-16 jam. Kemudian mereka yang bermukim di kawasan benua Australia berpuasa selama 11 jam. 

Sementara di kawasan benua Afrika, muslim berpuasa sekitar 11-14 jam, lalu 10-17 jam di kawasan benua Amerika. 

Umat Islam di kawasan benua Eropa nampaknya relatif merasakan waktu berpuasa lebih lama bandingkan masyarakat di benua lain yakni 17-20 jam. 

Namun rekor terlama dipegang Greenland di belahan bumi bagian utara, dengan masa berpuasa selama 21 jam.

Demikian seperti dilansir Al Jareera. ( Lia Wanadriani Santosa )