Mukomuko tanam ribuan pohon di pinggir sungai

id pohon mahoni, kayu bawang, buah-buahan, sempanjang sungai, danau, kritis, kelapa sawit, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Robin Linton

Mukomuko tanam ribuan pohon di pinggir sungai

Ilustrasi (ANTARA)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan setempat akan menanam sebanyak 1.350 batang pohon mahoni, kayu bawang, buah-buahan di sepanjang sungai dan danau yang kritis akibat kelapa sawit.

"Penanaman pohon di sempadan sungai dan danau itu bertujuan untuk memulihkan sempada danau yang erosi dan longsor akibat tanaman kelapa sawit," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Robin Linton di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, instansi itu melibatkan pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk pengadaan sebanyak 1.350 batang pohon.

Selanjutnya, pihak ketiga ini yang menanam ribuan pohon di lahan seluas dua hektare di sempadan sungai dan danau yang sudah ditentukan lokasinya oleh pemerintah setempat.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menentukan lokasi sempadan sungai dan danau yang ditanami pohon tersebut.

Ia menyebutkan, total anggaran untuk kegiatan itu sebesar Rp100 juta, sebesar Rp87 juta di antaranya untuk pengadaan bibit pohon. Sisanya untuk administrasi dan operasional.