Menteri pariwisata dukung Tour De Celebes 2017

id Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arif Yahya, tour de Celebes 2017, Festival Pesona Palu Nomoni

Palu (ANTARA Sumsel) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arif Yahya menyatakan dukungan atas pelaksanaan 'tour de Celebes 2017' yang direncanakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan beberapa kabupaten/kota.

"Gubernur sudah menyampaikan kepada saya soal rencana itu, dan tentunya pemerintah akan mendukung 'tour de Celebes 2017' mendatang," katanya dihadapan ribuan pengunjung pembukaan Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) di Teluk Palu, Sabtu malam.

Menurut Arif, dalam menjual event pariwisata, pemerintah daerah harus memiliki kegiatan erskala internasional (internasional event) sementara kegiatan yang paling mudah untuk dilaksanakan adalah iven olahraga berskala internasional.

"Untuk 'tour de celebes' yang melintasi beberapa destinasi wisata di Sulteng, itu ide yang sangat baik," katanya.

Selain itu, kata menteri, jika iven-iven tersebut dilaksanakan, didukung dengan fasilitas yang maksimal, tidak menutup kemungkinan wisatawan yang ada di Manado sekitar 10 ribu kunjungan perbulan dapat diarahkan ke Palu.

Sementara itu, gubernur Sulteng Longki Djanggola mengatakan bahwa kegiatan tour de Celebes 2017 merupakan salah satu agenda untuk mempromosikan beberapa destinasi pariwisata andalah di Sulteng.

"Kita akan memperkenalkan kepada daerah luar bahwa kita punya daerah-daerah destinasi wisata di Sulteng," katanya.

Menurut gubernur, rute 'tour de Celebes' akan melintasi sejumlah destinasi wisata andalan Sulteng. Kegiatan direncanakan akan dimulai dari Kabupaten Tojo Unauna dengan Festival Pesona Bahari Togean, kemudian masuk ke Kabupaten Poso dengan kegiatan Festival Danau Poso, selanjutnya menuju Kabupaten Parigi Moutong denga Festival Teluk Tomini.

Setelah itu, katanya, menyeberang ke Kabupaten Sigi dengan Festival Danau Lindu dan destinasi olahraga paralayang internasional Matantimali dan berakhir di Kota Palu dengan Festival Pesona Palu Nomoni.

"Insya Allah akan kita fasilitasi dan bekerja sama dengan semua pemerintah kabupaten dan kota se-Sulteng yang dilalui oleh tour de Celebes 2017," ujarnya.

Selain itu, pihaknya telah memerintahkan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kadis Pemuda dan Olahraga untuk belajar ke daerah-daerah yang sukses dalam mengelola tour-tour olahraga mereka.

Kalau tour the Celebes bisa dilaksanakan tahun depan, maka itu akan menjadi tour kelima yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Terkait FPPN 2016, gubernur menilai bahwa kegiatan itu merupakan kreativitas dan inovasi baru dari Pemkot Palu yang sebelumnya bernama Festival Teluk Palu.

"Untuk itu pemerintah provinsi mendukung atas semua rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan FPPN, serta kegiatan yang berhubungan dengan promosi dan publikasi destinasi wisata di Sulteng," ujar gubernur.