Peningkatan jalan nasional akan tingkatkan kunjungan wisata

id jalan,jalan naional,perbaikan jalan,kunjungan wisatawan,jalan padng,Muzni Zakaria,berita palembang,berita sumsel,menpar,arif yahya,pariwisata indonesi

Peningkatan jalan nasional akan tingkatkan kunjungan wisata

Kendaraan melewati jalan Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluhkota, Sumbar. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang Aro (ANTARA News Sumsel) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Muzni Zakaria mengatakan peningkatan jalan nasional dari Padang hingga perbatasan Kerinci, Jambi, yang melintasi kabupaten itu, bakal meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut.

"Saya telah mengusulkan ke Kemenpupr melalui Kemenko Maritim terkait peningkatan jalan nasional dari Lubuk Selasih - Batas Jambi," ujarnya saat dihubungi Minggu.

Usulan itu ia sampaikan saat rapat koordinasi terkait pembangunan jalan Solok Selatan-Dharmasraya di ruang rapat Kemenko Maritim bersama Menko Maritim Luhut B Panjaitan dan Menpar Arif Yahya pada 15 Februari 2018.

Dalam rapat yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan sejumlah bupati di Sumbar itu, Muzni juga mempresentasikan tentang pencanangan pencanangan revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Kawasan Saribu Rumah Gadang berada di jalur jalan nasional tersebut. Kondisi jalan itu masih banyak yang harus dibenahi.

Sebagai tindak lanjut, lanjutnya Menko Kemaritiman langsung menugaskan Deputi III Kemenko Kemaritiman Bidang Infrastruktur Ridwan Djamaluddin untuk langsung meninjau ke lapangan mulai dari Kawasan Mandeh, Solok Selatan, Mentawai, dan Pasaman Barat.

"Pak Menko nanti akan telepon langsung Menpupr," ujarnya

Ia menambahkan Deputi III Kemenko Kemaritiman Bidang Infrastruktur Ridwan Djamaluddin tersebut ke Sumbar pada Jumat (16/2) sampai dengan Minggu (18/2).

Pada pertemuan dengan Deputi III Kemenko Kemaritiman Bidang Infrastruktur Ridwan Djamaluddin Sabtu (17/2) malam di auditorium Gubernuran Sumbar per daerah melakukan presentasi final.

Muzni Zakaria mengusulkan peningatkan jalan Solok Selatan-Dharmasraya, Kambang-Muaralabuh dan peningkatan jalan nasional sampai dengan batas Jambi.

Pada kesempatan itu Muzni juga mengundang Menko Kemaritiman dan Menpar untuk ke Solok Selatan melihat langsung Kawasan Saribu Rumah Gadang sekaligus meninjau perusahaan panas bumi PT Supreme Energy Muaralabuh yang berada di Solok Selatan

"Segala sesuatu sudah kita siapkan. Surat menyurat sudah lengkap dan sekarang harus bergerak cepat untuk percepatan pembangunan di Solok Selatan," ujarnya.

Ia berharap revitasisasi kawasan Saribu Rumah Gadang yang dicanangkan Presiden Joko Widodo akan meningkatkan pembangunan di kabupaten yang berjarak sekitar 135 kilometer dari Padang itu.
(T.KR-IFT/H. Agusta)