Pariwisata Indonesia mengandalkan turis Asia

id menteri pariwisata, pariwisata, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, mMari elka pangestu

Pariwisata Indonesia mengandalkan turis Asia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu (Foto Antarasumsel.com/Aw)

...Kami mengandalkan kunjungan dari kawasan sekitar Asia. Pada keadaan krisis, orang jalan-jalan ke tempat yang jaraknya lebih dekat...
Pasadena (ANTARA Sumsel) - Indonesia mengandalkan peningkatan kunjungan wisata turis mancanegara asal Asia untuk mendorong pertumbuhan pariwisata hingga sekitar 10 persen tahun 2013.

"Kami mengandalkan kunjungan dari kawasan sekitar Asia. Pada keadaan krisis, orang jalan-jalan ke tempat yang jaraknya lebih dekat," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di sela-sela penjurian parade bunga di Pasadena, California, Senin

Mari berharap kedatangan wisatawan dari Asia bisa menutup kekurangan kunjungan wisatawan dari kawasan Uni Eropa yang masih mengalami krisis.

Dia optimistis kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tetap tumbuh tahun 2013, meski kawasan Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) masih mengalami perlambatan ekonomi.

"Kami masih optimistis. Kami lihat sektor pariwisata cukup bertahan dalam keadaan krisis," katanya

Mari mencontohkan, tahun 2012, meski kawasan Uni Eropa masih dilanda krisis utang dan ekonomi AS masih lambat, sektor pariwisata dan kunjungan turis mancanegara ke Indonesia masih tumbuh lima persen.

"Itu masih di atas pertumbuhan pariwisata global yang hanya 3-4 persen," katanya serta menambahkan tahun ini pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air sampai delapan juta orang.

(ANT-R016)

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar