Dirjen: STP kembangkan pertanian Sumsel

id Science Techno Park, Patdono Suwignjo, peternakan, pertanian, Universitas Sriwijaya, sawah, hilirisasi, riset, penelitian

Dirjen: STP kembangkan pertanian Sumsel

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo mengatakan pihaknya akan membantu pengembangan sektor pertanian Sumsel melalui "Science Techno Park".

"Setiap penelitian terutama yang dilakukan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang nanti akan dikelola lagi untuk dijadikan produk unggulan hilirisasi," kata dia saat penandatangan perjanjian kerja sama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat.

Menurut dia, pengembangan "Science Techno Park" (STP) di Sumsel ini sudah ditetapkan terfokus pada peternakan dan pertanian.

Nantinya, lanjut dia, untuk riset pertanian yang ada seperti di Unsri akan dihilirkan di STP ini sehingga akan melahirkan pengusaha baru berbasis teknologi sehingga akan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di Sumsel.

Jadi melalui kerja sama pengembangan STP ini diharapkan dapat menghasilkan pengusaha pemula yang berbasis teknologi khusus bidang peternakan dan pertanian, ujar dia.

Selain itu dengan dukungan dari Kemenristekdikti semua program di STP ini dapat menghasilkan usaha baru sehingga perekonomian daerah semakin meningkat, ujar dia.

Yang jelas, tujuan utama untuk menghasilkan pengusaha baru berbasis teknologi, ujar dia.

Dia mengatakan, pengembangan STP di Sumsel ini bukan mulai dari nol karena sudah ada Agro Techno Park (ATP) dan akan terus dilakukan penelitian sehingga apa yang ditanam dan diternak di STP ini sudah menggunakan hasil penelitian di perguruan tinggi maupun di lembaga penelitian lainnya.

"Ini tugas yang berat bagi kita, namun kalau ini berhasil akan memberikan manfaat yang besar bagi daerah yaitu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi melalui UKM berbasis teknologi," katanya.

Sementara Sekda Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan Pemprov Sumsel mengapresiasi Kemeristekdikti atas kerja sama yang sudah dibangun selama ini.

STP ini ke depan akan menjadi pusat ilmu pengetahuan bidang pertanian dan peternakan di Sumsel, kata dia.

STP juga ditujukan untuk menghasilkan pengusaha di bidang pertanian dalam arti luas sehingga petani nantinya mampu menguasai teknologi, tambah dia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dirjen Sains Teknologi dan Lembaga, Kemenristekdikti Lukito Hasta Pratopo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Sumsel Alamsyah dan Rektor Universitas Sriwijaya Anis Saggaff.