Novak Djokovic capai final di Miami

id Novak Djokovic, petnis dunia, tenis, miami terbuka, David Goffin

Novak Djokovic capai final di Miami

Novak Djokovic (Reuters)

Miami, (ANTARA/Reuters) - Unggulan teratas Novak Djokovic mengatasi perlawanan petenis Belgia David Goffin untuk mencapai final Miami Terbuka dengan kemenangan 7-6(5) 6-4 pada Jumat, ketika ia melanjutkan perburuannya terhadap gelar kelima dalam enam tahun di Key Biscayne.    
Petenis peringkat satu dunia itu menjalani start yang lamban pada kondisi-kondisi sulit sebelum melesat, dan mengunci kemenangan dengan servis pertama yang keras yang memaksa Goffin mengembalikan bola dengan tidak sempurna untuk mengakhiri pertandingan yang berlangsung selama dua jam.

Juara Australia Terbuka Djokovic mempertajam rekornya tahun ini menjadi 27-1 dan selanjutnya akan berhadapan dengan petenis Jepang Kei Nishikori atau Nick Kyrgios asal Australia, yang dijadwalkan memainkan semifinalnya pada Jumat malam.

Djokovic (28), juara lima kali di Miami, berupaya untuk menyamai rekor Andre Agassi dengan enam gelar di ajang ini dan mendapatkan mahkota ATP World Tour Masters ke-28nya.

"Ini berangin, ini lembab, ini hangat," kata Djokovic kepada para pewarta. "Ini seperti semuanya dilemparkan ke luar sini."
"Dan untuk mengatasi rintangan-rintangan dan kondisi-kondisi itu merupakan sesuatu yang saya banggakan. Saya mampu tetap tangguh pada saat-saat yang tepat."
Djokovic, yang kekalahan satu-satunya pada tahun ini terjadi pada Februari ketika ia mengundurkan diri saat melawan petenis Spanyol Feliciano Lopez di Dubai akibat infeksi mata, memuji penampilan Goffin.

"Ia bermain sangat besih," kata Djokovic. "Juga, menurut saya ia meningkatkan servenya. Saya sulit membacanya. Secara fisik, ini merupakan pertempuran hebat dengan banyak pertukaran pukulan dari baseline."
Dengan Goffin yang awalnya bermain lebih banyak dari baseline di bawah panasnya Miami, Djokovic berada di bawah tekanan awal dan menyelamatkan tiga break point pada game pembuka sebelum menahan serve.

Djokovic dan Goffin bertukar service break pada game ketujuh dan kedelapan sebelum bertarung menuju tiebreak, di mana petenis Serbia itu mengunci keunggulan 7-2 setelah lawannya, mengirim bola tinggi untuk lob, melepaskan pukulan voli backhand mengenai net.

Set kedua berlangsung dengan serve sampai game ketujuh, ketika unggulan ke-15 Goffin melepaskan pukulan forehand panjang sebelum backhandnya mengenai net sehingga servenya dipatahkan dan tertinggal 3-4.

Djokovic kemudian dengan nyaman mengamankan tempatnya di final Minggu di Crandon Park, di mana ia akan mengincar mahkota lain dari Miami untuk melengkapi koleksi gelarnya dari 2007, 2011, 2012, 2014, dan tahun lalu.

Goffin (25) yang mencapai semifinal Masters 1000 untuk pertama kalinya di Indian Wells dua pekan silam, diperkirakan akan naik ke peringkat ke-13 saat daftar peringkat yang baru diumumkan pada Senin.
(Penterjemah: Uu.SYS/C/A.R.A Adipati)