Pagar Alam akan miliki jembatan baru

id kota pagar alam, jembatan, kepala bbpjn iii, thomas setiabudi aden

Pagar Alam akan miliki jembatan baru

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III Thomas Setiabudi Aden menyampaikan progres pengerjaan pembangunan jalan dan jembatan di Sumsel pada tahun 2016 di Palembang, Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kota Pagaralam, Sumatera Selatan akan memiliki jembatan baru di lokasi Lematang Indah sebagai jalur alternatif bila masyarakat ingin menuju daerah tujuan wisata tersebut.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional III Thomas Setiabudi Aden kepada wartawan di Palembang, Kamis mengatakan, jembatan itu saat ini sedang pemantapan desain karena nantinya memiliki bentuk tersendiri.

"Pembuatan desain itu menggunakan tenaga ahli dari Jakarta dan lainnya supaya benar-benar menarik," katanya.

Bahkan, lanjut dia, nantinya jembatan tersebut akan dilengkapi dengan aneka warna lampu supaya dapat dijadikan ciri khas tersendiri.

Menurut dia, setelah selesai desain maka dilaksanakan lelang sehingga jembatan tersebut segera dikerjakan.

Sementara mengenai lahan sendiri menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Pagar Alam termasuk ganti rugi areal yang digunakan, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan jembatan dengan ketinggian lebih 100 meter itu cukup penting karena kadang-kadang masyarakat merasa kurang nyaman bila melalui jalur Lematang Indah tersebut yang berliku-liku.

"Jadi jembatan baru itu sebagai alternatif sekaligus memotong jalur yang berliku tersebut," kata dia.

Jembatan baru itu penting dibuat karena wisatawan rutin berkunjung ke Kota Pagar Alam yang berjarak sekitar 298 Km dari Kota Palembang ini.

Mengenai pendanaan sendiri, dia tidak menyebutkan secara rinci, namun pihaknya menargetkan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games di Palembang pada 2018.