Tim Basket Sumsel latihan sebelum ke Malaysia

id basket, tim basket hang tuah

Tim Basket Sumsel latihan sebelum ke Malaysia

Sumsel tuan rumah kejuaraan (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Tim bola basket Hang Tuah Sumatera Selatan terus menggenjot latihan demi mendapatkan kekompakan tim sebelum turun pada kejuaraan Mutiara Champions Cup di Malaysia, 28 Agutus - 6 September.

"Kami memang belum maksimal setelah libur panjang. Baru sekitar satu bulan kami latihan. Tapi tim sudah menyiapkan banyak program," kata salah satu pemain Hang Tuah Andrie Ekayana di Hall Basket Senayan, Jakarta, Rabu.

Pemain yang akrab dipanggil Yayan itu memang cukup berpengalaman dan menjadi pemain kunci. Sebelum bergabung dengan Hang Tuah, pemain kelahiran Malang itu memperkuat tim- tim besar seperti CLS Knight dan sebelumnya memperkuat Bima Sakti.

Sebagai pemain senior dirinya mengaku akan semaksimal mungkin untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi pemain dengan posisi "guard" sudah dikenal ganas saat di lapangan. Keberadaan pemain langganan masuk timnas diharapkan mampu memberi motivasi pada pemain muda.

"Intinya kita harus terus berlatih sesuai dengan program. Untuk membangun tim memang membutuhkan proses," kata pria kelahiran 31 Juli 1982 itu.

Pertandingan pra musim di Malaysia sedianya digelar di tiga kota yaitu Negeri Sembilan, Malaka dan Kuala Lumpur dinilai sangat bagus untuk menyiapkan tim guna menghadapi kompetisi bola basket di Tanah Air yaitu Indonesia Basketball League (IBL) yang akan diluncurkan November nanti.

Meski demikian, Hang Tuah sebelum berangkat ke Malaysia juga dihadapkan dengan kondisi pemain yang kurang maksimal. Bahkan beberapa pemain dipastikan tidak berangkat karena mengalami cedera seperti Frida Aris maupun Erlangga Sabara.

    
Pemain asing
Demi mengisi posisi pemain yang cedera, tim yang dilatih oleh Toni Raja Syaelindra itu mendatangkan dua pemain asing yang dinilai cocok untuk kebutuhan tim. Kedua pemain asing yang didatangkan dari Amerika Serikat itu adalah Evan Brock dan Josh Warren.

"Kita lemah di rebound. Makanya dengan didatangkannya dua pemain tinggi besar itu bisa menutup kelemahan itu. Yang jelas kami sudah mengetahui database dari kedua pemain asing ini," kata CEO Hang Tuah Ferry Jufry.

Evan Brock sebenarnya sudah cukup dikenal dikalangan bola basket Indonesia. Pemain asing Amerika Serikat itu pernah memperkuat tim Indonesia Warriors yang turun dikompetisi ASEAN Basketball League (ABL). Bahkan pemain ini menjadi MPV.

Sebelumnya pelatih Hang Tuah Toni Raja Syaelindra mengatakan, persiapan untuk menghadapi turnamen di Malaysia sesuai dengan program. Bahkan pihaknya telah menyeleksi pemain lokal untuk memperkuat tim kebanggaan warga Sumatera Selatan itu.

"Kami berusaha memaksimalkan pemain lokal hasil seleksi. Selain itu juga mengontrak pemain yang sudah berpengalaman. Pemain muda ini juga kami persiapan untuk menghadapi IBL," katanya.

Selain pemain senior kenyang pengalaman yaitu Andrie Ekayana, Hang Tuah juga menggunakan jasa Mei Joni. Pemain ini akan dikombinasikan dengan pemain muda dan dua pemain asing yang sebelumnya telah direkrut.

Hang Tuah sebelum turun di kompetisi bola basket tertinggi di Tanah Air telah menyiapkan banyak program pra musim. Selain turun di turnamen Malaysia, Hang Tuah juga akan menjalani uji coba ke Singapura, Filipina bahkan ke Tiongkok. IBL sendiri baru digulirkan Januari 2016.