650 calon haji Sumsel periksa kesehatan

id haji, cek kesehatan

650 calon haji Sumsel periksa kesehatan

Ratusan calon haji Sumsel lakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Merdeka Palembang, Kamis (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Paembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 650 orang jamaah calon haji Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama serta pemberian vaksin meningitis di Puskesmas Jalan Merdeka Palembang sebelum diberangkatkan ke tanah suci Makkah

Pantauan Antara, ratusan orang jamaah calon haji Sumatera Selatan berdatangkan ke Puskesmas Merdeka Palembang, sejak Kamis pagi untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan vaksin.

Salah seorang calon haji Sumsel, Mgs Irfan mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan para jamaah calon haji sebelum menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Menurut dia, para jamaah dapat melakukan konseling kepada para tenaga medis yang disiapkan, bahkan dilakukan juga pengecekan gula darah serta pemberian vaksin meningitis.

Sementara pihak dokter yang memeriksa juga menganjurkan agar diberikan vaksinasi tambahan, seperti vaksin influenza dan pneumoni berfungsi untuk mencegah infeksi radang paru-paru.

Terlebih ketika para jamaah calon haji akan menjalankan ibadah nantinya diharapkan dengan iklim serta kondisi padang pasir yang berdebu ketika berada di Tanah Suci, kata Kepala tim pemeriksa kesehatan, Desti Aryani.

Dijelaskan, biasanya penyakit yang banyak diderita jamaah adalah hipertensi dan diabetes atau kencing manis.

Selain itu, para dokter juga menganjurkan para jamaah untuk tetap menjaga pola hidup secara teratur, mulai dari menjaga pola makan serta tetap rutin memeriksa kesehatan dan meminum obat dianjurkan tim dokter.

Khususnya para calon jamaah yang mengidap diabetes dan hipertensi agar pada saat keberangkatan nanti siap menjalankan ibadah dengan khusyuk tanpa kurang satu apapun, katanya.

Jamaah calon haji Sumatera Selatan kelompok terbang pertama akan berangkat pada 28 Agustus 2015, dan sebelum berangkat mereka harus masuk asrama untuk melakukan pemeriksaan akhir.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel H Hambali, di Palembang, sebelumnya mengatakan, jamaah calon haji Sumsel bergabung dengan jamaah Bangka Belitung dengan embarkasi Palembang sebanyak 14 kelompok terbang.

Jamaah calon haji Sumsel tercatat 5.088 orang, sedangkan Bangka Belitung 732 orang, ujar dia.

Menurut dia, diharuskannya jamaah calon haji masuk asrama karena sebelum berangkat mereka akan diperiksa kembali kelengkapan surat-suratnya termasuk kesehatan.