Bisnis ikan cupang di Palembang menggiurkan

id ikan cupang, bisnis ikan cupang di palembang

Bisnis ikan cupang di Palembang menggiurkan

Bisnis ikan cupang di Palembang menggiurkan (Foto: antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bisnis ikan hias Cupang yang memiliki aneka corak dan warna sangat indah dan menjadi suatu peluang bisnis bagi sebagian warga Kota Palembang cukup menggiurkan, karena banyak peminatnya.

Ikan cupang yang sudah dikenal masyarakat sebagai ikan aduan juga bisa menjadi ikan hias sangat menarik, karena memiliki corak dan warna sangat indah, kata Sumana (45) pecinta ikan tersebut di Palembang, Sabtu.

Ikan cupang atau dalam bahasa latin Betta Sp merupakan salah satu ikan hias yang paling popular di Indonesia. Bahkan ikan jenis ini sering

diikutsertakan dalam berbagai macam kontes ikan hias kelas dunia.

Ikan air tawar ini banyak digemari oleh pecinta ikan hias karena memiliki sirip yang lebar dengan beraneka ragam warna. Ikan Cupang berasal dari Asia Tenggara antara lain Thailand, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Betta channoides merupakan jenis ikan cupang yang habitat aslinya berasal dari daerah Pampang, Kalimantan Timur. Berdasarkan cara berkembang biak ikan cupang dibedakan menjadi dua, mouth breeder dan bubble nest. Mouth Breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya didalam mulut, sedangkan Bubble Nest merupakan jenis berkembang biak dengan menggunakan busa (gelembung udara) sebagai tempat meletakkan telurnya.

Salah satu usaha yang dilakukan oleh Sumana, seorang warga Palembang mencoba menepis anggapan ikan cupang sebagai ikan aduan dan ia mencoba memanfaatkan sebuah peluang bisnis pembibitan ikan cupang untuk dijadikan sebagai ikan hias banyak digemari masyarakat, sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Menurut dia, dengan keaneka ragaman corak serta warna yang sangat indah dan menarik, sehingga mampu mendatangkan pundi pundi rupiah setiap bulannya.

Banyak jenis ikan cupang yang dibibitkan melalui perkawinan silang baik dari lokal maupun didatangkan dari luar telah berhasil dikembangkan menjadi ikan hias cupang bisa dijual di pasaran.

Ia mengaku, melalui pembibitan aneka jenis ikan cupang tersebut dapat melayani pemesan dari luar Kota Palembang bahkan bersaing di ajang kontes ikan hias hingga ke mancanegara mewakili Sumatera Selatan.

Ia mengatakan, untuk masyarakat yang belum tahu gradenya dijual di pasar burung kawasan Masjid Lama Palembang dengan harga kisaran Rp5.000 sampai Rp25 ribu per ekor.

Namun, kata dia, untuk warga yang sudah penghobi jenis ikan tersebut biasanya dijual melalui media online dengan harga bisa sampai Rp1 juta lebih.

Sementara, jenis ikan hias cupang yang paling diminati dan dicari warga adalah warna merah hati, biru putih, sisir emas kebanyakan hasil perkawinan silang luar.

Sedangkan untuk lokalnya sendiri adalah jenis ikan cupang jarum saat ini cukup diminati oleh kalangan penghobi ikan hias cupang bisa dijual dengan harga kisaran Rp600 ribu hingga Rp1 juta per ekor.