Syahrial berharap masyarakat Sumsel terhindar dari perpecahan

id syahrial, syahrial oesman

Syahrial berharap masyarakat Sumsel terhindar dari perpecahan

Mantan Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman(Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Mantan Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman mengharapkan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, Kamis, berlangsung lancar dan masyarakat terhindar dari perpecahan.   
     
"Saya berharap tidak ada konflik atau ada aksi bakar-membakar. Siapapun yang menang harus didukung, dan begitu pula yang kalah harus "legowo". Jabatan ini hanyalah amanah dan berserah diri saja kepada Allah SWT," katanya seusai menyalurkan hak suara pada Tempat Pemungutan Suara 23 di kawasan Seduduk Putih, Palembang, Kamis.

Syarial juga didamping sang istri Maphilinda yang menjadi calon Wakil Gubernur Sumsel berpasangan dengan Herman Deru (calon Gubernur Sumsel) nomor urut 3.
     
Mantan Gubernur Sumsel periode 2005-2008 ini senantiasa mendampingi sang istri dalam menjalani proses pemilihan kepala daerah dengan melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten/kota.
     
"Sejak setahun terakhir saya fokus di Sumsel, sebelumnya pindah-pindah sesuai dengan keinginan hati saja. Kadang jalan ke Aceh, Lampung, atau Jakarta," katanya.
     
Bagi Syarial, kekalahan pada pilkada tahun 2008 atas Alex Noerdin (kembali menjadi calon Gubernur Sumsel dalam pilkada kali ini berpasangan dengan Ishak Mekki menjadi pasangan nomor urut 4) cukup memberikan pelajaran berarti dalam hidupnya.

"Jika memang sudah digariskan maka akan terpilih. Begitu saja. Yang penting, sejak saya pensiun justru tambah sehat," ujarnya.

Empat pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel maju pada pemilihan kepala daerah yakni Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (ESP-WIN) (nomor urut 1), Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2), Herman Deru-Maphilinda Syahrial Oesman (Derma) nomor urut 3 dan Alex Noerdin-Ishak Mekki (nomor urut 4).

Pemilihan Gubernur Sumsel ini juga berbarengan dengan Pilkada di empat kabupaten yakni Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, dan Ogan Komering Ilir.