Iron Man 3 melanda AS dan Kanada

id Iron Man 3

Iron Man 3 melanda AS dan Kanada

Robert Downey Jr. (Foto ANTARA/Reuters)

Los Angeles (ANTARA/Reuters) - Film "Iron Man 3" yang sedang menggemparkan dunia kini melanda bioskop-bioskop di Amerika Serikat dan Kanada sebagai film laris musim panas di Hollywood dengan meraup hasil penjualan tiket sebesar 15,6 juta dolar hanya pada Kamis dan Jumat pagi.

Serial kepahlawanan dari studio Marvel, Walt Disney itu diperkirakan menutup akhir pekan dengan hasil terbesar sepanjang sejarah film.

Pengamat film laris AS memperkirakan film ini akan mendapat pemasukan 150 juta dolar atau lebih dari pemutaran Jumat hingga Minggu.

Pertunjukkan pada malam pembuka sedikit turun dibandingkan karya Disney tahun lalu "The Avengers" yaitu pada angka 18,7 juta dolar AS.

Avengers menghasilkan 207 juta dolar pada pemutaran tiga hari pertama dan memecahkan rekor untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada.

"Iron Man 3" yang dibintangi Robert Downey Jr sebagai orang pengusaha super kaya Tony Stark, telah menarik 345,4 juta dolar dari penonton di luar Amerika sejak diputar pertamakali pada 24 April, kata Disney, Jumat.

Film ini dirancang untuk memecahkan rekor penjualan tiket pada pemutaran hari pertama termasuk di Rusia dan China.

Dalam seri ke tiga ini, Tony Stark beraksi untuk menyelamatkan dunia dari seorang ekstrimis yang dijuluki The Mandarin, yang diperankan oleh Ben Kingsley.

Penerjemah : M. Dian A