Kurma India masuk pasaran Bengkulu

id kurma, buah kurma, manfaat buah kurma untuk kesehatan manusia

Kurma India masuk pasaran Bengkulu

Pedagang buah kurma selama Ramadhan (FOTO Antarasumsel.com/Fenny)

....Manfaat buah kurma tak hanya nikmat untuk dijadikan menu berbuka puasa sesuai Sunah Nabi, juga mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan....
Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Buah kurma dari India banyak masuk pasar tradisional di Kota Bengkulu, selama Ramadhan  karena diminati warga.

Buah kurma itu dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 per kotak sesuai kualitas dan ukuran, kata Hasmi, seorang pedagang di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan, buah kurma itu sudah dikemas dalam kotak plastik kecil dan sedang, sehingga harganya terjangkau sampai lapisan masyarakat rendah.

Namun ada juga dijual dalam bentuk kiloan, biasanya akan dijual lagi ke pasar yang diadakan sekali sepekan di pedesaan, harganya juga sama mulai Rp5.000, Rp8.000 hingga Rp10.000 per kotak.

Khusus buah kurma berkualitas dijual pedagang mulai ukuran 0,5 kilogram Rp30.000 hingga Rp60.000 per kilogram.

Buah kurma itu biasanya mulai banyak dijual setelah bulan puasa, sedangkan hari-hari biasa permintaannya sangat minim.

Selama bulan Ramadhan ini omset jualnya  meningkat karena permintaan cukup tinggi yaitu setiap hari habis mencapai ratusan kilogram.

Masyarakat Muslim biasanya cenderung menyukai makanan buah yang sesuai Sunah Nabi itu karena disamping rasanya nikmat juga ada khasiat khusus bagi kesehatan manusia.

Seorang penjual kurma impor dari Timur Tengah H Tayeb mengatakan, buah kurma itu ada 11 khasiat bagi tubuh manusia.

Manfaatnya tak hanya nikmat untuk dijadikan menu berbuka puasa sesuai Sunah Nabi, juga mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Ia menjelaskan, khasiat kurma antara lain untuk kurma tamr (kurma kering) berfungsi menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus.

Buah kurma ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan.

Kedua jenis kurma itu dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok.

Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia agar kondisi kejiwaannya lebih baik, ujarnya.(Ant)