Ira Wibowo : Menanam pohon itu menyehatkan

id Ira Wibowo

Ira Wibowo : Menanam pohon itu menyehatkan

Katon Bagaskara dan Ira Wibowo (FOTO ANTARA)

Bogor (ANTARA Sumsel) - Artis film dan sinetron Ira Wibowo meyakini bahwa menanam pohon itu penting untuk lingkungan dan juga baik untuk kesehatan.

"Memang benar menanam pohon itu sangat baik untuk kesehatan kita, seperti yang dilakukan masyarakat di Jepang yang dikenal mandi pohon, atau berjalan-jalan di bawah pohon itu, karena akan menyehatkan jiwa kita, bahkan dapat menyembuhkan penyakit," katanya di Bogor, Kamis.

Saat ditemui di sela-sela penanaman pohon dalam rangka reuni emas ke-50 SMA Tarakanita 1 di Ecopark Science Cibinong Center, Kabupaten Bogor, Ira mengaku sangat menyukai pohon.

"Sudah banyak pohon yang saya tanam di rumah, mulai dari pohon buah-buahan, berkayu keras hingga bunga. Boleh lihat di rumah saya, kalau mau tau berapa pohon yang saya tanam," kata istri dari penyanyi Katon Bagaskara itu.

Artis keturunan Jerman ini mengaku cukup sering terlibat dalam aksi penanaman pohon. Sebelumnya, ia juga pernah menanam pohon di kawasan Puncak bersama komunitas sepedanya.

Kakak kandung aktor Ari Wibowo itu juga pernah melakukan penanaman pohon di Padang Sumatera Barat bersama suaminya, dan baru-baru ini di Ecopark.

"Menanam pohon penting untuk hidup agar semua makhluk hidup di dunia dapat bertahan. Itu sama seperti memberi napas bagi bumi. Kita tinggal di bumi dengan keindahannya, kenapa tidak kita menanam kembali agar bumi tetap indah untuk anak cucu kita," ujarnya.

Menurut dia, hijau yang dilihat dari pohon memberikan kedamaian, pohon memberikan energi positif yang menyehatkan.

Ira juga tertarik untuk menularkan kepada anak-anaknya untuk gemar menanam pohon.

"Setelah saya tahu besarnya manfaat menanam ini, maka saya akan mengajarkan kepada anak-anak saya untuk ikut serta menanam," katanya.

Saat ditanyakan kesibukan akhir-akhir ini, ia mengaku sedang sibuk syuting sejumlah film layar lebar, di antaranya berjudul "Berandalan-berandalan Ciliwung" dan "Perahu Kertas".

Film Berandalan Ciliwung akan ditayangkan dalam waktu dekat, sedangkan film "Perahu Kertas" yang diangkat dari cerita novel karangan Dewi Lestari sedang dalam proses syuting.

"Dalam perahu kertas saya berperan sebagai ibunya Keenan, salah satu aktor utama priannya. Syuting dilakukan di tiga daerah, yakni Jakarta, Bandung dan Bali," katanya.

Dalam kesempatan itu, alumni angkatan 1986 itu melakukan penanaman pohon dengan sejumlah alumni SMA Tarakanita 1. Salah satunya artis Inez Tagor.

Saat menanam, Ira terlihat antusias melakukannya. Dikatakan ibu dua anak tersebut, menanam harus dilakukan sepenuh hati, dan pohon yang ditanam juga diajak bicara sebagai ungkapan perasaan.

"Kalau lagi nanam pohon juga harus diajak ngomong, biar dia tumbuh besar dan bagus. Jadi, Mas Katon jangan cemburu yah..," kata Ira disambut gelak tawa peserta yang hadir. (ANT-KR-LR/E011)