Keith Kayamba beri kesempatan pemain lain

id Keith, Keith Kayamba, berikan kesempatan pemain lain pencetak gol terbanyak

Keith Kayamba beri kesempatan pemain lain

Pemain Sriwijaya FC Keith Kayamba Gumbs melakukan selebrasi pada laga Indonesia Super League antara SFC dan Arema, 16 Juni 2012 (FOTO Antarasumsel.com/Fenny)

....Kemenangan tim lebih penting dibandingkan memuluskan ambisi pribadi untuk mencetak gol. Jika ada pemain lain yang lebih berpeluang maka sudah sepatutnya dia yang mencetak....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Keith Kayamba Gumbs, penyerang Sriwijaya Football Club tidak berambisi menjadi pencetak gol terbanyak pada Liga Super Indonesia 2011-2012, meski peluang meraih prestasi itu sangat terbuka.

"Bagi saya kemenangan tim lebih penting dibandingkan memuluskan ambisi pribadi untuk mencetak gol. Jika ada pemain lain yang lebih berpeluang maka sudah sepatutnya dia yang mencetak gol," katanya di Palembang, Sabtu.

Sementara ini, Kayamba berada pada urutan teratas pencetak gol terbanyak dengan 22 kali menjebol gawang lawan, disusul Alberto Goncalves (Persipura) 19 gol, Greg Nwokolo (Pelita Jaya) 19 gol, Mario Costaz (Persela) 18 gol, Muhammad Safee Sali (Pelita Jaya) 17 gol.

Kemudian, Foday Boakay Eddy (Perwiwa) 16 gol, Hilton Moreira (Sriwijaya FC) 16 gol, Cristian Gonzales (Persisam) 16 gol, Herman Dzumafo (Arema Indonesia) 16 gol, dan Pedro Javier Velazquez Insfran (Persija) 15 gol.

"Sebagai pemain saya memiliki target sendiri, tapi publik tidak perlu tahu berapa gol yang ingin dicapai," kata pemain Tim Nasional St Kitts dan Nevis ini.

Peluang pemain andalan "Laskar Wong Kito" itu menjadi pemenang terbilang terbuka mengingat masih menyisakan empat pertandingan, sementara saingan terdekat Alberto Goncalves tinggal menghabiskan tiga laga.

Meski demikan, pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi tidak akan memaksakan Kayamba mencapai prestasi itu guna menyempurnakan kesuksesan sebagai Juara Liga Super Indonesia musim ini.

"Pada prinsipnya tim mendukung Kayamba, tapi harus diketahui bahwa yang mencetak gol haruslah pemain memiliki peluang. Jika diatur itu artinya memaksakan, bisa-bisa jadi gagal," ujar Kas.

Pelatih asal Solo itu memuji sikap Kayamba di lapangan yang tidak memaksakan kehendak untuk mencetak gol.

"Kayamba sosok pemain berpengalaman, dapat dilihat sendiri saat di lapangan kerap kali membagi kesempatan untuk pemain lain," katanya.

Sriwijaya FC akan menjajal Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (24/6).(Dolly)