Jambore jip nasional di Semarang

id jambore jip, nasional, meriah

Semarang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 600 peserta memeriahkan Jambore Jip Nasional kedua di PRPP Semarang selama dua hari, mulai 16 - 17 Juni 2012.

Gunawan Tjahjadi dari Genta Auto Sport di Semarang, Minggu, mengatakan, dari jumlah peserta yang ikut, 60 persennya adalah penggemar jip asal Jawa Tengah, sedangkan sisanya dari Jawa dan luar Pulau Jawa.

Menurut dia, pada jambore kali ini diikuti perkumpulan komunitas jip terbesar. "Kami sangat banggan dengan antusias yang ditunjukkan para peserta. Mereka rela datang dari berbagai penjuru Indonesia untuk menyukseskan ajang ini," katanya.

Salah satu rangkaian dari Jambore Jip Nasional kedua ini, kata dia, kontes Jip dengan total jumlah pesertanya 60 unit mobil, baik modifikasi maupun orisinal dari berbagai pabrikan.

Kontes Jip ini, lanjut dia, diikuti mobil keluaran 1976 - 1982. "Yang pasti untuk mobil jip ini sudah tidak ada yang baru sehingga penilaiannya mendasarkan pada orisinalitas kendaraan tersebut," katanya.

Pada rangkaian reli wisata, kata dia, diikuti sebanyak 576 peserta dengan jarak tempuh 120 kilometer yang melewati 18 pos yang disediakan pantia di setiap rute.

Reli wisata ini, menurut dia, tujuannya memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa reli itu tidak mengandalkan kecepatan karena batas maksimal kecepatan adalah 40 kilometer/jam.

Pemenang hadiah utama reli wisata melalui undian adalah Cipto Widiatmo. Penggemar jip berusia 50 tahun ini berasal dari Semarang berhak membawa pulang satu unit mobil Cherokee.

"Saya tidak menduga mendapat hadiah utama. Akan tetapi, saya sangat bersyukur atas hadiah ini dan saya memang mengidamkam Cherokee sejak dahulu," kata Cipto Widiatmo. (ANT-H015/D007)