Jambore Desa Wisata di Bogor

id Jambore, desa wisata, kabupaten bogor

Jambore Desa Wisata di Bogor

Kemeriahan Jambore Desa Wisata di Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Iwan Setiawan menjadikan Jambore Desa Wisata 2023 di Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai ajang untuk meningkatkan angka kunjungan wisata.

"Agar kemajuan desa wisata yang telah dibangun bisa terus berkelanjutan baik dari pamor juga kunjungan wisatawannya," ujar Iwan usai menghadiri Jambore Desa Wisata, Rabu.

Jambore Desa Wisata 2023 yang berlangsung 7-9 November itu tidak hanya diikuti oleh para pengelola desa wisata asal Kabupaten Bogor, melainkan juga dari daerah lain, seperti Desa Wisata Sulawesi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sukabumi, Cianjur dan lain-lain.

Iwan menyebutkan, pengelolaan desa wisata perlu dilakukan dengan kolaborasi secara pentahelix. Maka ia berharap Jambore Desa Wisata 2023 dapat melahirkan banyak desa wisata lain, sehingga sesama pengelola nantinya dapat saling bersinergi.

"Saya sangat apresiasi kegiatan Jambore Desa Wisata ini, ini jadi wadah berbagi informasi bagi desa lainnya. Pulang dari sini masing-masing peserta bisa membawa informasi yang baik. Sehingga yang tadinya belum memiliki desa wisata bisa membangun, yang sudah memiliki bisa semakin optimal," kata Iwan.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Deni Humaedi mengatakan, Jambore Wisata Desa menjadi ajang promosi dan apresiasi terhadap desa-desa wisata di Kabupaten Bogor yang telah berkontribusi dalam meningkatkan pariwisata dan ekonomi lokal.