PDIP Sumsel bahas Pilkada pada Rakerda I

id pdip, pilkada

Palembang, (ANTARA News) - PDI Perjuangan akan membahas tentang pemilihan kepala daerah di sejumlah daerah di Sumatera Selatan pada rapat kerja daerah I yang bakal digelar di Lubuk Linggau, 24-25 Februari 2012 mendatang.

Salah satu agenda yang akan dibicarakan pada rapat kerja daerah (Rakerda) I adalah pilkada-pilkada di sejumlah daerah di provinsi ini, kata Ketua Panitia (organizing committee/oc) Rakerda I PDI Perjuangan, H Dharmadi Djufri di Palembang, Senin.

Menurut dia, Rakerda I PDI Perjuangan Sumsel ini merupakan sebagai tindak lanjut dari rapat kerja nasional (Rakernas) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Bandung.

Ada tiga agenda penting yang akan dibicarakan dalam Rakerda I ini yakni pertama mempersiapkan sosialisasi partai menghadapi berbagai kegiatan-kegiatan politik kedepan terutama pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif.

Kemudian yang paling besar itu adalah pilkada-pilkada di beberapa daerah di Sumsel, baik di tingkat kabupaten/kota maupun di tingkat provinsi, katanya.

Ia mengatakan, selain itu pada Rakerda nanti juga akan dibicarakan mengenai strategi dan kebijakan partai dalam memenangkan semua kegiatan pilkada, serta membicarakan program-program kerja yang selama ini sudah disusun sebagai tindak lanjut dari kongres.

"Program-program kerja yang menyangkut orientasi kepada kesejahteraan rakyat, inilah sedang kami tindak lanjuti, sebagaimana sudah dibicarakan pada tingkat rakernas dahulu," ujar dia.

Ia menuturkan, dalam Rakerda itu diharapkan mendapatkan beberapa rekomendasi penting dan sangat prinsip, seperti mendorong semaksimal mungkin daerah-daerah pilkada di kabupaten/kota dan provinsi Sumsel untuk mencalonkan kader-kader terbaik partai.

Sementara mengenai apakah sudah ada nama-nama kader partai yang akan diusung PDI Perjungan, ia menjelaskan, kalau sampai hari ini partai itu belum menetapkan nama-nama bakal calon untuk diusung pada pilkada Kabupaten/kota dan provinsi.

PDI Perjuangan mempunyai mekanisme tersendiri mulai dari penjaringan di tingkat daerah masing-masing melalui struktural partai.

Jadi, pada saatnya nanti, kalau jadwal sudah ditetapkan KPU, enam bulan paling lambat sebelum pilkada dilaksanakan, PDI Perjuangan sudah menetapkan calon pasti, tutur dia.

Kader-kader partai yang akan ditetapkan sebagai bakal calon dan calon dalam pilkada adalah kader-kader terbaik partai di samping secara kualitas dan kuantitas dianggap mempunyai kemampuan untuk memimpin dan juga diterima masyarakat di daerah masing-masing, demikian Dharmadi Djufri. (ANT-SUS)