Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan, membersihkan material pohon tumbang akibat angin kencang agar tidak menghambat arus lalulintas di ruas jalan wilayah setempat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Selatan Heri Pramono di Muaradua, Senin, mengatakan bahwa curah hujan tinggi disertai angin kencang yang terjadi di wilayah setempat sejak beberapa hari terakhir menyebabkan pohon tumbang hingga nyaris menutup badan jalan.

"Pohon tumbang ini terdapat di empat titik antara lain di ruas jalan Desa Tanjung Menang, Desa Sukaraja dan Desa Negeri Cahya, Kecamatan Buay Sandang Aji," katanya.

Dalam proses pembersihan, kata dia, pihaknya mengerahkan sebanyak lima orang personel dari BPBD OKU Selatan dengan peralatan memadai.

Sebanyak tiga unit mesin chainsaw digunakan petugas di lapangan agar proses pembersihan lebih cepat dan maksimal.

"Alhamdulillah, proses pembersihan material pohon tumbang di empat titik tersebut berjalan dengan lancar dan terkendali. Kondisi jalan kini sudah bersih dan aman untuk dilalui kendaraan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Heri kembali mengimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana alam saat musim hujan.

"Saat ini sudah memasuki musim hujan sehingga masyarakat harus lebih waspada menghadapi kemungkinan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, termasuk pohon tumbang agar tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Sebagai upaya penanggulangan, pihaknya telah menginstruksikan relawan di setiap kecamatan agar siaga menghadapi potensi bencana alam supaya dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"BPBD OKU Selatan juga mendirikan posko di sejumlah daerah yang dipetakan rawan banjir dan longsor agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin," ujar dia.*


Pewarta : Edo Purmana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024