Muaradua (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan merenovasi tiga unit rumah warga miskin di daerah itu agar memiliki rumah yang layak ditempati bersama keluarga.

Ketua Baznas OKU Selatan, Tasri di Muaradua, Selasa mengatakan bahwa renovasi rumah warga miskin ini dilakukan melalui Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2024.

Dalam program bedah rumah yang didanai melalui dana zakat Muzaki untuk Mustahik tersebut digulirkan untuk membantu warga miskin agar memiliki rumah yang nyaman ditempati bersama keluarga.

"Program ini menyasar pada warga di Desa Sukabumi, Desa Tanjung Raya dan Talang Bandung, Kecamatan Muaradua," katanya.

Program RTLH ini ditujukan untuk membantu pemerintah daerah dalam menekan jumlah rumah tidak layak dihuni, khususnya di Kabupaten OKU Selatan.


Dalam program ini, kata dia, setiap warga penerima bantuan dibantu biaya renovasi rumah untuk membeli bahan material maupun keperluan pembangunan lainnya.

"Renovasi rumah warga penerima program RTLH meliputi perbaikan atap, dinding, lantai dan lainnya," ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo saat melakukan peletakan batu pertama renovasi rumah warga penerima bantuan menegaskan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah bersama Baznas RI dalam memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Pemerintah daerah pun sangat menghargai Baznas yang melaksanakan program ini, khususnya Baznas OKU Selatan. Kami berkomitmen untuk memberikan bantuan konkret kepada masyarakat agar memiliki rumah yang layak huni," ujar dia.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024