Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Pemerintah Kabupaten Muara Enim pastikan ribuan petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Muara Enim akan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan guna mengantisipasi risiko kecelakaan kerja dan kematian.

Hal ini dibahas dalam rapat Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan risiko kerja bagi Petugas KPU dan Bawaslu di Ruang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muara Enim, Senin (14/10/2024).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) H Ahmad Yani Heriyanto saat memimpin rapat menekankan komitmen pemerintah daerah untuk menjamin keamanan dan keselamatan petugas selama bertugas.

Didampingi Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Muara Enim Zainudin Asisten menyampaikan bahwa tujuan rapat tersebut untuk memastikan seluruh petugas penyelenggara Pilkada terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, guna mengantisipasi risiko kecelakaan kerja atau kematian selama bertugas yang mencakup sekitar 13.400 petugas KPU, termasuk PPK, PPS, dan KPPS, serta 2.174 petugas Bawaslu selama pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.

Tak hanya itu, Asisten mengatakan program jaminan sosial ini dinilai sangat relevan menjelang Pilkada yang tinggal sebulan lagi. Dirinya mengingatkan bahwa instruksi dari Kementerian Dalam Negeri telah mengalokasikan anggaran untuk perlindungan ini.

Dirinya-pun berharap jaminan sosial ini dapat memberikan rasa aman bagi para petugas yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Muara Enim, khususnya dalam mengantisipasi risiko kerja yang mungkin terjadi.

Pewarta : Pewarta Sumsel
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024