Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto melaju ke babak final Swiss Open 2024 setelah mengalahkan kompatriotnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di partai semifinal, Sabtu.

Lanny/Ribka menang atas unggulan pertama melalui rubber game 13-21, 21-10, 23-21 dalam tempo 74 menit.

Mengenai jalannya pertandingan, Apri/Fadia tampil begitu mendominasi pada gim pertama. Meskipun perebutan angka berlangsung sengit di awal gim, selepas interval gim pertama 11-8, Apri/Fadia mampu mempertahankan performa mereka dengan tidak memberikan kesempatan bagi Lanny/Ribka untuk mengembangkan permainan.

Lanny/Ribka pun kesulitan untuk mengejar ketertinggalan mereka dari pasangan ganda putri peringkat sembilan dunia tersebut, hingga akhirnya Apri/Fadia membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-13.


Di gim kedua, Lanny/Ribka tampil lebih solid dan konsisten, sehingga jalannya pertandingan pun menjadi berbalik kedudukan dari gim sebelumnya.

Apri/Fadia terlihat cukup banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat Lanny/Ribka mendapatkan poin-poin mudah. Pasangan peringkat 32 dunia itu pun kemudian memanfaatkan kesempatan itu dan semakin memperlebar jarak poin mereka dari Apri/Fadia. Mulai dari 11-4, 15-6, 18-8, hingga mereka memaksakan rubber game setelah memenangkan gim kedua 21-10.

Gim pamungkas pun berlangsung lebih seru, dimana kedua pasangan saling berebut poin sejak pertandingan dimulai. Apri/Fadia sempat unggul di awal gim 10-5, tapi, Lanny/Ribka tak jatuh dalam tekanan dan merebut interval dengan skor ketat 11-10.

Sisa pertandingan pun kembali berlangsung sengit. Namun, Lanny/Ribka mampu mempertahankan keunggulan sementara hingga 16-12, sebelum akhirnya Apri/Fadia mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16.

Beberapa kali papan skor menunjukkan angka sama. Matchpoint pertama diraih oleh Lanny/Ribka 20-18, dan Apri/Fadia menyamakan skor 20-20. Dengan kesabaran, akhirnya Lanny/Ribka membungkus kemenangan di semifinal 23-21 dan berhak maju ke babak final esok.

Sementara itu, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri baru saja menyusul langkah Lanny/Ribka ke babak final turnamen BWF Super 300 setelah mengalahkan ganda putra Indonesia lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-19, 21-15.

Masih ada ganda putra lainnya, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani yang akan berhadapan dengan pasangan unggulan Inggris Ben Lane/Sean Vendy di babak semifinal.

Lebih lanjut, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan bertemu dengan wakil Jepang Nozomi Okuhara untuk memperebutkan tempat di babak pamungkas.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lanny/Ribka melaju ke final Swiss Open 2024

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024