Palembang (ANTARA) - Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan (Sumsel) Ilham Djaya menyatakan pihaknya mendukung perempuan berperan mewujudkan ekonomi tangguh melalui kekayaan intelektual.

"Hal ini sesuai dengan tema peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun ini yakni Perempuan Indonesia Kreatif dan Inovatif, Ekonomi Tangguh," kata Ilham Djaya di Palembang, Rabu.

Menurut dia, peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran bahwa kekayaan intelektual itu berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Ia berharap tema Hari Kekayaaan Intelektual Sedunia tersebut dapat mendorong lebih banyak lagi perempuan untuk memanfaatkan sistem kekayaan intelektual dalam melindungi dan memberikan nilai tambah atas hasil kreasi dan inovasinya.

Ilham mengatakan perempuan telah membentuk perekonomian dunia dengan kreativitas dan kecerdasan mereka dari generasi ke generasi.
Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021 terdapat 64,5 persen total Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dikelola perempuan dalam skala usaha mikro.

Indeks Pemberdayaan Perempuan tahun 2020 sebesar 64,10, meningkat sedikit pada tahun 2021 sedikit  menjadi 64,76, dan tahun 2022 meningkat lagi menjadi 66,95. Angka menjadi indikator yang menunjukkan perempuan dapat memainkan peranan aktif dalam kehidupan ekonomi dan politik.

Kemudian angka tersebut juga menunjukkan bahwa perempuan memiliki kapasitas yang sama dengan laki-laki dalam membuat suatu karya dari kecerdasan dan kemandiriannya. Apalagi adanya dukungan teknologi informasi internet memungkinkan untuk berdaya, meskipun perempuan harus menjalankan lebih dari satu peran di keluarga.

"Mulai saat ini, didorong lebih banyak lagi perempuan yang berkreasi, berinovasi, dan sadar akan pentingnya pelindungan serta pemanfaatan kekayaan intelektual. Tanpa pelindungan, kekayaan intelektual memiliki potensi disalahgunakan oleh pihak lain dan dapat merugikan para perempuan," ujar Ilham.

Pewarta : Yudi Abdullah
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024