Palembang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sumatera Selatan,  jaga dan kembangkan destinasi wisata eksisting  dengan memperbaiki sarana serta prasarana  pendukungnya yang telah usang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin di Palembang, Rabu, mengatakan saat ini pihaknya bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) sedang berupaya memperbaiki fasilitas yang telah rusak dan usang.

“Meningkatnya kualitas destinasi wisata itu dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung sehingga itu juga dapat memenuhi target jumlah pengunjung wisatawan ke Kota Palembang,” katanya.

Ia mengatakan destinasi wisata yang sedang dikembangkan yaitu Sekanak Lambidaro, dimana itu akan menjadi pusat kuliner, hiburan, dan budaya.

“Kami bersama pihak ketiga sedang menata ulang Sekanak Lambidaro menjadi lebih baik lagi, dan diharapkan dapat dibuka sebelum bulan Ramadhan,” katanya

Selain itu, ia berharap dalam pengembangan destinasi wisata ini adanya bantuan dari pemerintah pusat.Mengingat pada tahun ini Kota Palembang ada 107 event termasuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Sebelumnya Dispar Kota Palembang meluncurkan "Calender of Charming Event" atau kalender kegiatan pariwisata kota setempat pada tahun 2023.

Tujuan dari peluncuran kalender tersebut, ia mengungkapkan sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Palembang pasca pandemi COVID-19.

"Bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Palembang ini juga berdampak baik bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD), sebab seperti pajak restoran, hiburan, hotel dan sebagainya itu pasti meningkat karena banyaknya wisatawan yang berkunjung" ucapnya. 

Dispar Palembang pada tahun 2023 menaikkan target wisatawan yang berkunjung di kota ini menjadi 2,2 juta dari sebelumnya yakni sebanyak 1,5 juta wisatawan.

 

Pewarta : Ahmad Rafli Baiduri
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024