Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengalokasikan dana senilai Rp128 miliar untuk membangun gedung olahraga (GOR), perbaikan venue di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, pembangunan fasilitas umum dan pemberian kendaraan pendukung tugas di Provinsi Sumatra Selatan.

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie C di Palembang, Senin, mengatakan alokasi dana ini masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tahun 2019 hingga 2021.

“Terdapat 11 stadion atau GOR yang baru yang kami bangun dengan nilai proyek mulai dari Rp4 miliar sampai Rp10 miliar per gedungnya,” kata Apollonius.

GOR tersebut tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Selatan yakni di Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagaralam, Kabutapen OKU Timur, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Musi Rawas dan lainnya.

Dari dana CSR tersebut, PTBA mengalokasikan Rp4,82 miliar untuk memperbaiki fasilitas dan venue-venue olahraga di Jakabaring Sport City. Terdapat lima venue yang diperbaiki yakni Stadion Atletik, Stadion Akuatik, Stadion Tenis Lapangan, GOR Ranau dan sejumlah shelter Jakabaring Sport City.

Baca juga: PT Bukit Asam bangun dua stadion baru di Sumatera Selatan alokasikan Rp19 miliar

Baca juga: PTBA catatkan laba bersih Rp4,06 triliun

Kemudian, pada sektor fasilitas kesehatan, PTBA mengalokasikan Rp5 miliar untuk pembangunan gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) beserta peralatannya di RS Islam Siti Khodijah.

Selain pembangunan GOR dan fasilitas umum, PTBA juga memberikan bantuan berupa penyediaan set peralatan pemadam kebakaran senilai Rp4,9 miliar kepada Satuan Polisi Pamong Praja Sumatera Selatan. Peralatan terdiri dari mobil dan kendaraan pemadaman, selang dan nozzle, jaket dan helm, serta lainnya.

Terdapat juga bantuan berupa pengadaan lampu koridor jalan, pengadaan peralatan pemadaman kebakaran untuk Kota Palembang dan pengadaan kendaraan dinas.

“Realisasi dana CSR ini merupakan wujud komitmen PTBA untuk membangun hubungan harmonis di tengah lingkungan yang lestari dan memberi manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat,” kata dia.

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengatakan PTBA selama ini memiliki komitmen dan kontribusi yang besar untuk pembangunan di Sumatera Selatan. “Semoga dapat berlanjut ke depannya,” ujar dia.

Baca juga: PT Bukit Asam berikan ambulans ke PMI Muara Enim

Baca juga: Bukit Asam kucurkan Rp24 miliar bangun tiga GOR di Sumsel
 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024