Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menuju zona hijau setelah adanya penambahan sembilan orang pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

"Ada penambahan sembilan orang sehingga total pasien sembuh menjadi 39 pasien," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Rozali  didampingi Humas Satgas, Feri Iswan di Baturaja, Selasa.

Sembilan orang pasien yang baru dinyatakan sembuh ini sudah diperbolehkan pulang untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Dengan bertambahnya pasien sembuh secara keseluruhan dari 40 pasien, 39 di antaranya sudah pulang ke rumah masing-masing. Sementara satu orang lagi masih menunggu hasil swab terakhir," katanya.

Pasien terakhir dengan inisial K beralamat di Unit XIII, Kecamatan Sinar Peninjauan saat ini masih menjalani perawatan di RS Antonio Baturaja.

"Pasein K sudah uji swab sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. Mudah-mudahan swab ketiga nanti juga negatif. Untuk hasilnya sendiri baru akan diketahui 2-3 hari lagi," tegasnya.

Jika K juga dinyatakan sembuh, secara otomatis Kabupaten OKU akan kembali ke zona hijau dari status zona merah atau nihil pasien corona.

Meskipun demikian, warga tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, pakai masker saat keluar rumah, serta jaga jarak.

"Namun meskipun nanti sudah zona hijau, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi masyarakat agar terhindar dari pandemi COVID-19," ujarnya.

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024