Baturaja (ANTARA Sumsel) - Naskah soal Ujian Nasional untuk pelajar tingkat SMA, SMK dan MA negeri maupun swasta di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Jumat, telah tiba di Kantor Dinas Pendidikan Nasional setempat.

Pantauan di lapangan, paket soal Ujian Nasioanal (UN) tersebut tiba di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sekitar pukul 13.00 WIB diangkut menggunakan mobil PT Pos Indonesia dalam keadaan disegel dan pengawalan polisi serta pihak Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi.

"Soal dan lembar jawaban SMA yang masuk sebanyak 60 Koli, SMK 13 Koli dan delapan Koli untuk paket. Jumlah cukup dan tidak ada kerusakan. Naskah masuk masih dalam kondisi disegel," kata Kepala Bidang Dinas Pendidikan Diknas setempat Hj Erwani Santi di Baturaja.

Dia mengatakan, soal tersebut akan dikirimkan langsung ke rayon sekolah masing-masing sebanyak sembilan rayon, membawahi lima hingga enam sekolah.

"Jumlah sekolah di OKU sebanyak 28 untuk tingkat SMA Negeri dan swasta, tujuh MA dan 11 SMK Negeri dan swasta. Untuk jumlah siswa yang akan mengikuti UN sebanyak 3.705 orang peserta SMA dan MA serta 1.175 peserta SMK Negeri dan Swasta," katanya.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan kesiapan dalam pelaksanaan UN yang mulai digelar Senin (14/4).

Dalam pengawasan saat ujian nanti, kata dia, akan menerapkan sistem silang dan dijaga ketat di ruangan ujian.

"Para petugas dari perguruan tinggi segera datang ke Baturaja untuk melakukan pengawasan," ungkapnya.

Ia berharap, para pelajar di OKU semua dapat mengikuti UN meskipun dalam keadaan sakit akan dilakukan sistem jemput bola oleh pihak Diknas setempat.

"Kalaupun ada siswa yang memang berhalangan ujian karena sifatnya mendesak, bisa mengikuti ujian susulan pada 22 - 24 April nanti. Kami targetkan tahun ini semua siswa OKU 100 persen lulus ujian," ujarnya.(E Permana)

Pewarta :
Editor : M. Suparni
Copyright © ANTARA 2024