Nulis buku dikembangkan di lingkungan kampus

id nulis buku, mulai dikembangkan di lingkungan kampus

Nulis buku dikembangkan di lingkungan kampus

Peluncuran buku terbaru dari nulis buku club (NBC) Palembang, Minggu (16/9) (FOTO Antarasumsel.com/Feny Selly)

....Nulis Buku Club sebuah wadah tentang kepenulisan dan sastra mulai dikembangkan ke lingkungan kampus....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Nulis Buku Club sebuah wadah   tentang kepenulisan dan sastra mulai dikembangkan ke Universitas Negeri antara lain Universitas Sriwijaya, sebagai kampus pertama yang mengembangkan sarana motivasi untuk menulis buku di lingkungan kampus.

Lia, Koordinator Nulis Buku Club (NBC) Palembang, Minggu  menyatakan harapannya agar klub tersebut merambah di universitas ternama di Sumatera Selatan itu, sehingga bisa mengajak anak muda di Sumsel untuk berkarya.

Saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi dan promosi tentang club itu ke berbagai lapisan masyarakat, dan fokus ke kampus di Palembang, katanya di sela acara peluncuran buku dan NBC Unsri di Cafe Palembang.

Menurut dia, adanya keterlibatan mahasiswa dalam perjalanan buku ini adalah agar lebih berani mempublikasikan tulisannya dalam bentuk hasil karya buku.

Selama ini, kata dia, mahasiswa sangat jarang memiliki niat yang bisa membuat mereka kembali bersemangat untuk menulis dan menjadikannya sebuah buku, katanya.

Menurut dia, dengan mengajak mahasiswa dalam club ini, pihaknya ingin merangkul mahasiswa yang suka menulis untuk lebih berani mempublikasikan tulisannya dalam bentuk hasil karya buku.

”Motivasi dan budidaya menulis akan terus kita kembangkan, jadi para generasi muda bisa berkarya di dunia sastra dengan menghasilkan buku dari pemikirannya sendiri,” lanjutnya.

Puluhan mahasiswa Unsri yang juga ikut bergabung dalam NBC Unsri hadir pada acara peluncuran ini sekaligus mempromosikan buku baru telah diluncurkan oleh anggota NBC Palembang.    

Empat buku yang dipromosikan tersebut antara lain berjudul Antara Dilema dan Galau, Cantik, 365 Hari, Revolution (Antropologi).  Yang menarik adalah, buku - buku ini pun langsung dipromosikan oleh penulisnya.

Sementara karya sendiri, Lia menjelaskan saat ini sudah ada sebanyak 42 buku yang sudah ditulis dan diluncurkan oleh anggota NBC dimana 39 di antaranya merupakan buku fiksi dan tiga sisanya adalah non fiksi.

NBC juga kerap kali melakukan Gathering bersama dengan para anggotanya di Palembang setiap sebulan sekali.

Kegiatan yang paling sering dilakukan di antaranya adalah  berbagi pengalaman menulis, cara menerbitkan buku, hingga diskusi tentang masing-masing tulisan, katanya.

Setiap tiga bulan sekali NBC Palembang juga melakukan peluncuran buku terbaru dari para anggotanya.

"Beberapa anggotanya pun sudah banyak menulis buku terbaru, namun masih dalam tahap pematangan dan finishing tulisan," ujarnya lagi. (FN)