Belasan Srikandi Sumsel ikut kontestasi Pilkada Serentak 2024

id sumsel, pilkada sumsel, pilkada 2024

Belasan Srikandi Sumsel ikut kontestasi Pilkada Serentak 2024

KPU Kabupaten Muratara tengah menerima pendaftaran calon bupati dan wakil bupati. (ANTARA/HO/Inst-KPU Muratara)

Pewarta Sumsel (ANTARA) - Tercatat sebanyak 18 "Srikandi" atau perempuan Sumatera Selatan ikut ambil bagian pada kontestasi Pilkada Serentak 2024 di daerah itu.

Jumlah tersebut mencapai 16,92 persen dari total kontestan, baik calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati maupun calon wali kota/ wakil wali kota yang mendaftar ke KPU.

Diketahui dari pendaftaran peserta Pilkada Serentak 2024 ke KPU Sumsel dan KPU kabupaten/kota, tercatat sebanyak tiga pasangan mendaftar untuk Pilgub Sumsel dan 44 pasangan untuk pemilikan kepala daerah kabupaten dan kota.

Dua Srikandi mendaftar di Pilkada Sumsel sebagai calon wakil gubernur yakni RA Anita Noeringhari dan Riezky Amalia.

Sementara itu ada tujuh Srikandi Sumsel yang daftar menjadi calon kepala daerah atau bupati/wali kota yakni Lidyawati di Kabuapten Lahat. Lucyanti di Musi Banyuasin, Febrianti Agustinda di Kota Palembang, Heppy Sapriani di Kota Pagar Alam, Ngesti Rahayu di Kota Prabumulih.

Bahkan dua Srikandi Musi Rawas yang dulu bersatu memimpin daerah itu, Ratna Mahmud dan Suwarti, pada Pilkada 2024 ini berhadapan sebagai calon bupati.

Sementara itu Srikandi Sumsel lainnya yang ikut berkompetisi di tingkat kabupaten kota sebagai calon wakil kepala daerah ada Yenni Elit di Ogan Komering Ulu, Widyaningsih di Lahat, Netta Indian di Banyuasin, Gusti Rohmani di Musi Rawas Utara, Nandriai Oktarina di Palembang, Bertha Edhar di Kota Pagaralam.

Bahkan di Kabupaten Muara Enim, tiga Srikandi ikut ambil bagian sebagai calon kepala daerah yakni Suwarni, Lia Angraeni dan Shinta Paramita.