Manfaat mengajarkan lebih dari satu bahasa kepada anak

id kemampuan bahasa anak,pengajaran bahasa anak,anak bilingual

Manfaat mengajarkan lebih dari satu bahasa kepada anak

Arsip Foto - Anak-anak belajar di Ruang Pintar di HPL 94, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj)

Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. DR. Dr. Rini Sekartini Sp.A(K) mengemukakan beberapa manfaat mengajarkan lebih dari satu bahasa kepada anak.

Rini mengatakan bahwa anak-anak yang diajari menggunakan bahasa lain di samping bahasa ibu dapat menjadi lebih peka dalam memilih penggunaan kata saat menyampaikan penjelasan.

"Kadang-kadang anak lebih peka, misalnya ada beberapa kata bahasa Indonesia jadi panjang lebih dari tiga kata, tapi kalau bahasa Inggris hanya satu kata saja sudah bisa menjelaskan keseluruhannya," katanya dalam acara diskusi daring tentang plus minus mengajarkan bilingual pada anak yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang dan Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia ini mengatakan, anak yang menguasai lebih dari satu bahasa juga biasanya lebih fleksibel dan kreatif serta memiliki kemampuan analisis yang lebih baik.

"Kalau banyak mengetahui bahasa mungkin menjadi lebih banyak teman, nantinya dalam berkomunikasi lebih baik, dapat pekerjaan yang lebih bagus dan bisa bekerja di berbagai tempat, dan mungkin bisa lebih mengembangkan kemampuan kognitif maupun kemampuan sosialnya," katanya.