5 kader Golkar Sumsel dijagokan maju Pilkada 2024

id Sumsel,golkar,Bappilu sumsel,Pilkada 2024,Pilgub sumsel 2024

5 kader Golkar Sumsel dijagokan maju Pilkada 2024

Ilustrasi - Pemilih memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara Pilkada Serentak . (Muh. Arfan)

Palembang (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan lima kader untuk maju pada Pilkada Sumsel 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Sumsel Islan Hanura di Palembang, Kamis, mengatakan pihaknya menyiapkan lima kader untuk maju Pilkada Sumsel 2024, yaitu Ketua DPD Golkar Sumsel Bobby A Rizaldi, Bupati Musi Rawas (Mura) Ratna Mahmud, Bupati OKU Selatan Popo Ali, Mantan Ketua BPK Agung Firman, dan Wakil Bupati PALI Soemarjono.

"Secepatnya Golkar akan konsolidasi, mengumpulkan tokoh-tokoh yang punya potensi dan prioritas. Akan tetapi, kami akan utamakan kader untuk maju menjadi Cagub , sebab tidak mungkin juga partai sebesar Golkar tidak ikut Pilkada,” katanya.

Ia menjelaskan setelah penyeleksian dilakukan Bappilu Sumsel, keputusan siapa yang dipilih akan ditentukan oleh DPP Golkar. Namun, siapa yang dipilih akan melihat potensi internal.

"Maka siapa yang dinilai layak akan kami dorong, tapi tidak menutup kemungkinan juga berkoalisi, sebab tidak ada satu partai dalam Pileg lalu memenuhi syarat 20 persen, tidak ada yang raih 15 kursi. Golkar hanya 12 kursi sehingga harus koalisi dalam Pilgub," jelasnya.

Menurutnya, koalisi yang akan dibangun nanti kemungkinan tidak akan simetris dengan koalisi di Pilpres, karena akan ada kepentingan daerah.

“Saya berharap tokoh nasional asal Sumsel seperti Kahar Muzakir dan lainnya ikut turun gunung membantu pemenangan pilkada. Sebab, pada pilkada sebelumnya Golkar kalah melawan Herman Deru-Mawardi Yahya,” kata Islan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Golkar Sumsel siapkan 5 kader untuk maju Pilkada 2024