Pj Gubernur Sumsel terima gelar Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta

id Sumsel, pj gubernur, gelar kehormatan, kanjeng tumenggung

Pj Gubernur Sumsel terima gelar Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni . (ANTARA/HO/Diskominfo)

Surakarta, Jateng (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni resmi menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung Agus Fatoni Darmodipuro dari Keraton Surakarta Hadiningrat di Sasana Narendra Keraton Surakarta Hadiningrat Solo Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2024) malam.

Gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh-tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian Indonesia.

Pj Gubernur  Agus Fatoni juga dinilai menjadi panutan karena mampu merangkul semua anak suku bangsa di Indonesia bukan hanya Palembang, Sumatera Selatan. Namun saat menjadi Dirjen Bina Keuangan Daerah, A Fatoni juga dinilai berhasil merangkul semua suku bukan hanya di Jakarta namun juga di semua daerah.

Pemberian gelar ini dilakukan langsung oleh Ingkang Sinoehoen Kangjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel H. Sutoko. Prosesi pemberian gelar tersebut dimulai pukul 19.00 wib.

Usai menerima gelar kehormatan untuk Pj Gubernur Sumsel A. Fatoni, Plh Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H. Sutoko mengatakan  mewakili Pj Gubernur Sumsel serta jajaran Pemprov Sumsel, ia menyampaikan terimakasih pada  Keraton Surakarta Hadiningrat.

"Atas nama jajaran Pemprov Sumsel kita tentu merespon  positif penganugerahan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang diberikan kepada Pj Gubernur Agus Fatoni. Karena gelar kehormatan ini tidak mudah didapat," jelas Sutoko.