Risiko kesehatan anak usai menggunakan 'headphone'

id Bahaya headphone,headphone pada anak,Paparan kebisingan

Risiko kesehatan anak usai menggunakan 'headphone'

Ilustrasi anak mendengarkan musik melalui headphone (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Peneliti dari survei nasional terbaru menyarankan kepada orang tua untuk menyadari risiko kesehatan potensial yang terkait dengan penggunaan yang berkepanjangan dari perangkat audio, karena temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penggunaannya pada kalangan anak-anak.

Menurut Survei Nasional Kesehatan Anak-anak C.S. Mott di Rumah Sakit Anak Universitas Michigan, dua dari tiga orang tua mengatakan anak mereka menggunakan 'headphone' atau 'earbud'.

Di antara anak-anak yang menggunakan 'headphone' atau 'earbud', 16 persen menggunakan perangkat audio mereka setidaknya selama dua jam sehari, sedangkan 24 persen mendengarkan mereka selama satu hingga dua jam.

"Selama beberapa tahun terakhir, kita sebagian besar khawatir tentang remaja yang menggunakan perangkat audio terlalu banyak. Tetapi 'earbud' telah menjadi semakin populer dan banyak digunakan di kalangan anak-anak yang lebih muda, yang mengekspos mereka pada kebisingan yang lebih intens secara teratur," kata Co-Director Mott poll Dr. Susan Woolford, dikutip dari Medical Daily, Selasa.