BMKG: gempa tektonik magnitudo 4,6 guncang Blitar

id BMKG, Gempa, Blitar,stageo blitar,berita palembang, berita sumsel

BMKG: gempa tektonik magnitudo 4,6 guncang Blitar

Peta lokasi gempa bumi tektonik magnitudo M4,6 yang berlokasi di laut pada jarak 47 kilometer arah Tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur dengan kedalaman 100 kilometer, Kamis (15/2/2024) malam. ANTARA/HO-BMKG

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo M4,6 mengguncang beberapa wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Kamis malam.

Kepala Stageof BMKG Sleman Setyoajie Prayoedhie dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa berdasarkan pantauan tim, gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di daerah Blitar, Karangkates, Trenggalek, Malang, Pacitan.

Dampak guncangan gempa itu dikategorikan skala II MMI, atau getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun sejak pukul 23.07 WIB hingga saat ini belum ada laporan gempa susulan, dan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, kata dia.

Setyo menjelaskan, gempa dengan magnitudo M4,6 itu terletak pada koordinat 8.56° LS; 112.22° BT laut yang berjarak 47 kilometer arah Tenggara Kabupaten Blitar dan dengan kedalaman 100 kilometer.