BNPB bantu dana operasional dan peralatan penanganan banjir di Sumsel

id banjir sumsel,bnpb,banjir musi rawas utara,musi banyuasin,banjir muara enim,bantuan banjir

BNPB bantu dana operasional  dan peralatan penanganan banjir di Sumsel

Deputi Logistik dan Peralatan BNPB RI Lilik Kurniawan saat memberikan bantuan dana operasional dan peralatan penanganan banjir secara simbolis kepada Kepala Pelaksana BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana, di Palembang, Kamis (25/1/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana operasional dan peralatan penanganan banjir di Sumatera Selatan (Sumsel).

Deputi Logistik dan Peralatan BNPB RI Lilik Kurniawan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Dampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor Provinsi Sumsel Tahun 2024, di Palembang, Kamis, mengatakan pihaknya memberikan bantuan dana operasional senilai Rp1,85 miliar.

Bantuan lainnya, kata dia, antara lain 5.500 kantong makanan siap saji, 5.500 terpal dan matras, 5.500 selimut, 5.500 paket peralatan kesehatan,  5.500 botolsabun cair, 11 tenda pengungsi,  2.750 paket sembako. 

Menurutnya, bantuan diberikan karena anggaran di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik provinsi maupun kabupaten/kota itu terbatas untuk operasional di lapangan, seperti kebutuhan bensin dan sebagainya. 

"Kami memberikan bantuan ke BPBD provinsi dan 10 kabupaten/kota di Sumsel. Masing-masing daerah nilainya tidak sama, berkisar Rp150 juta hingga Rp250 juta, tergantung dengan luasan daerah yang terdampak," ucapnya.