KPU Sumsel petakan TPS rawan banjir

id sumsel,lokasi tps,tps rawan banjir,kpu sumsel

KPU Sumsel petakan TPS rawan banjir

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan. (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan(Sumsel) melakukan pemetaan lokasi-lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah itu yang rawan banjir.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis Penyelenggara Handoko, Minggu, di Palembang, mengatakan pihaknya sedang memetakan lokasi-lokasi TPS yang rawan banjir, seperti di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan ilir, Muara Enim, dan Musi Rawas.

Ia menjelaskan saat ini daerah Muratara mengalami banjir dan pihaknya sedang mengecek lokasi-lokasi pendirian TPS yang telah ditetapkan sebelumnya apakah terdampak banjir atau tidak.

"Pokoknya daerah-daerah yang rawan itu akan dilakukan pemetaan sebagai contoh seperti di Muratara yang sedang banjir akan dicek lokasinya dimana saja yang terdampak banjir, dan terus dipantau sampai tanggal 14 Februari 2024, apabila tidak ada perkembangan lebih lanjut, tidak ada banjir lagi berarti akan didirikan TPS sesuai dengan direncanakan," jelasnya.

Ia mengatakan pendirian TPS dilaksanakan satu hari sebelum hari pencoblosan berlangsung. Akan tetapi, apabila daerah-daerah itu mengalami banjir, maka pihaknya akan memastikan lokasi yang akan digunakan berada di dataran tinggi agar pemungutan suara tetap berlangsung.

"Tapi insya Allah yang tinggal di dataran tinggi tidak ada masalah. Kecuali kalau memang keadaan darurat seperti bencana alam, itu bisa saja ditunda pemilihannya," kata Handoko.

Sebelumnya, KPU Sumsel telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 6.326.348 pemilih, dengan rincian sebanyak 3.134.056 pemilih perempuan dan 3.192.292 pemilih laki-laki yang tersebar di 25.985 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 3.249 kelurahan atau desa tersebar di 241 kecamatan se-Sumsel.