Jepang kaji proyek jalur kereta api IKN

id Proyek kereta IKN,Kemenhub,JICA,Jepang,PUPR,berita sumsel, berita palembang

Jepang kaji proyek jalur kereta api IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) tengah mengkaji proyek pembangunan jalur kereta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Sekarang sedang dikaji pembangunan jalur kereta api dari Balikpapan maupun di kawasan IKN sendiri,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ditemui di Tokyo, Jumat.

Basuki mengatakan pembicaraan itu terjadi saat Presiden JICA menemui dirinya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jamuan makan siang di Jakarta dua pekan lalu.

“Presiden JICA datang ke Jakarta, saya dan Menteri Perhubungan makan siang bersama untuk membicarakan itu,” kata Basuki.

Namun belum ada kepastian Jepang  akan menggarap studi kelaikan proyek tersebut, sambung dia.

Kepala Otorita IKN juga sudah menandatangani nota kesepahaman pengembangan tiga daerah potensial di Balikpapan, Samarinda dan IKN Nusantara.

“Kemarin Menteri Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi  Jepang juga mengatakan akan menyelesaikan pengkajian pengembangan daerah ini,” kata dia.

Ada empat proyek kereta api yang bakal dibangun pemerintah pada 2025-2029. Keempatnya adalah kereta api bandara, kereta perkotaan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), perkotaan di dalam Kalimantan dan intercity.

Akan dibangun KA Perkotaan Balikpapan-KIPP sepanjang 143,33 kilometer dengan waktu tempuh 88 menit.