Pasar Rakyat Karya Mukti OKU rangsang ekonomi lokal

id Pasar rakyat, ekonomi lokal, los pedagang, Bupati OKU, Disperindag OKU

Pasar Rakyat Karya Mukti OKU rangsang ekonomi lokal

Penjabat Gubernur Sumsel A Fatoni meresmikan operasional pasar rakat di Kabupaten OKU, Jumat (3/11). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Pasar rakyat di Desa Karya Mukti, Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan   yang baru selesai dibangun berpera. merangsang pertumbuhan  ekonomi lokal.

"Setelah dilakukan pembangunan sejak 2022, akhirnya pasar tradisional ini diresmikan dan mulai beroperasi pada Jumat (3/11)," kata Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, pasar rakyat merupakan sarana perekonomian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam menggerakkan roda ekonomi lokal.

Tujuan utama pembangunan fasilitas pasar rakyat ini adalah untuk meningkatkan pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan pusat aktivitas ekonomi masyarakat.  

Selain pasar di Desa Karya Mukti, kata dia, juga turut diresmikan pasar rakyat Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang bertujuan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari, terutama kebutuhan pokok rumah tangga. 

Pasar ini juga akan menjadi pusat transaksi ekonomi yang memberikan pedagang sarana perdagangan yang lebih permanen.

Selain itu, pasar ini juga akan membantu warga dalam mendistribusikan dan menjual hasil usaha pertanian dan komoditas lainnya sehingga diharapkan dapat merangsang roda ekonomi di tingkat lokal.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OKU Amzar Kristopa menjelaskan, pembangunan pasar rakyat menggunakan dana Bantuan Gubernur (Bangub) tahun anggaran 2022 tersebut dibangun untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, khususnya di dua kecamatan itu.

Pembangunan juga dalam upaya meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah," jelasnya.

Dia menjelaskan, pasar kalangan yang dibangun dengan konsep modern ini berkapasitas lebih dari 100 los pedagang yang akan memanfaatkan fasilitas umum tersebut.

"Khusus untuk pasar di Desa Tungku Jaya  disediakan sebanyak 16 kios yang dibangun dengan konsep modern untuk para pedagang menjajakan barang dagangannya," ujar dia.