Petugas periksa makanan dan muntahan korban keracunan

id keracunan tasikmalaya,keracunan garut,keracunan makanan,berita sumsel, berita palembang

Petugas periksa makanan dan muntahan korban keracunan

Seorang warga yang mengalami gejala keracunan menjalani perawatan medis di Puskesmas Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Selasa (10/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Tasikmalaya (ANTARA) - Petugas Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya di Provinsi Jawa Barat sudah mengambil sampel makanan dan muntahan korban keracunan untuk diperiksa di laboratorium dalam upaya mencari tahu penyebab keracunan.

"Sudah diambil sampel makanan sama muntahan, sudah dikirim ke Bandung," kata petugas surveilans Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Rina Parina saat menjenguk warga yang keracunan di Tasikmalaya, Selasa.

Ia mengatakan bahwa dinas langsung menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan setelah menerima informasi mengenai kejadian keracunan yang pada Senin (9/10) menyebabkan sejumlah orang harus menjalani perawatan medis di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut dia, ada 14 warga Desa Kersamaju dan Sirnagalih di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, yang diduga keracunan dan dibawa ke fasilitas kesehatan di Kecamatan Cilawu agar bisa mendapat pertolongan medis.

"Ini kan perbatasan antara Cigalontang dan Garut, jadi di Cigalontang ada yang kena, Garut juga kena," katanya.