Pepanjat tebing Lahat sabet emas lead putra

id porprov sumsel, panjat tebing, medali emas,j

Pepanjat tebing Lahat sabet emas lead putra

Atlet panjat tebing sedang bertanding di dinding panjatan Porprov XIV/2023 di Kabupaten Lahat, Senin. (ANTARA/HO/Instg-humaskoni_sumsel)

Lahat, Sumsel (ANTARA) - Pepanjat tebing tuan rumah Kabupaten Lahat tampil mengesankan dengan meraih medali emas nomor pertandingan lead atau tingkat kesulitan di dinding panjatan Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat, Senin.

Sukses Rio mengalungkan emas, sekaligus menumbangkan dominasi kelas itu yang selama dalam beberapa  penyelenggaraan Porprov Sumsel  didominasi atlet Kota Palembang dan Musi Banyuasin.

Ketua Harian FPTI Kabupaten Lahat, Heri Hartono , dikutip dari akun instagram humaskoni-sumsel mengapresiasi pencapaian yang diraih oleh atlit FPTI Lahat  asal Kecamatan Merapi Lahat.  

Sukses emas Rio, sekaligus pengganti kegagalan sehari sebelumnya pada nomor speed atau kecepatan yang harus puas dengan medali perak, atau peringkat kedua.

Sementara itu medali emas nomor lead perorangan putri diraih atlet Musi Banyuasin Reni Indri.

Persiapan Rio termasuk matang,  setelah berlatih lebih kurang selama tiga tahun di FPTI Lahat.

"Kami sangat bersyukur atas perolehan medali emas ini. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami cabor panjat tebing mampu menyumbangkan medali emas. Semoga medali emas berikutnya dapat kita sumbangkan kembali di nomor lomba panjat tebing yang masih menunggu jadwal pertandingan," kata Heri.

Selain medali emas, atlet Lahat lainnya, Gabriel juga berhasil menyumbangkan medali perunggu di kelas lead U-14 perorangan putri.

Sementara di hari kemarin, Rio Putra juga meraih medali perak dalam kategori Speed WR Perorangan Putra. Perolehan medali yang diraih oleh FPTI Lahat tidak menutup kemungkinan akan bertambah, mengingat masih banyak nomor lomba yang belum dimulai, dan masih menunggu jadwal pertandingan.

Pada Porprov Sumsel 2023 ini, FPTI Lahat menargetkan   juara umum. Di Porprov Prabumulih tahun 2019, Lahat mampu finish di urutan ketiga perolehan medali cabang olahraga panjat tebing.